Usai Pelantikan Prabowo-Gibran, Polda Metro Jaya Amankan Jalur Kepulangan Jokowi ke Solo-Bandara Halim

Personel Satlantas berbaris di samping kendaraan saat apel gelar pasukan Operasi Zebra Jaya 2024(ANTARA FOTO/M
Personel Satlantas berbaris di samping kendaraan saat apel gelar pasukan Operasi Zebra Jaya 2024(ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
0 Komentar

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) pulang ke Solo, Jawa Tengah usai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Minggu, 20 Oktober sore. Polda Metro Jaya siap mengawal dengan mengamankan jalur kepulangan Jokowi ke Solo menuju Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

“(Pengamanan) diperkirakan sampai nanti Bapak Jokowi menuju ke Halim juga akan kita amankan jalur tersebut,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Kamis, 17 Oktober 2024.

Di samping itu, Latif mengatakan pihaknya juga menerapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Istana Negara hingga kawasan Senayan, Jakarta Pusat selama proses pelantikan. Selain itu, polisi juga akan menerapkan skala prioritas.

Baca Juga:Polda NTT Tegas PTDH Terhadap Ipda Rudy Soik Tidak Terkait Mafia BBM di KupangSelamat Hari Radio Republik Indonesia

Menurutnya, masyarakat akan diberhentikan sementara saat rombongan presiden ataupun tamu VVIP melintas. Latif menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat atas rekayasa lalu lintas yang mengganggu perjalanan itu.

“Kami mohon maaf apabila nanti masyarakat yang tentunya sedang melaksanakan kegiatan aktivitas di jalan Sudirman-Thamrin, mungkin pada saat jam-jam perjalanan tamu VVIP karena ada banyak kepala negara yang akan hadir, tentunya kita juga menghormati tamu tersebut, akan kita utamakan tamu tersebut untuk melewati jalan Sudirman-Thamrin,” jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku akan kembali ke kampung halamannya di Solo pada Minggu sore, 20 Oktober 2024. Jokowi mengungkapkan ingin langsung pulang ke rumah setibanya di Solo.

“Ya pulang aja, pulang naik pesawat, turun, kemudian ke rumah, sudah,” kata Jokowi usai menjenguk cucunya, Bebingah Sang Tansahayu di RSU Bunda Jakarta, Rabu malam, 16 Oktober 2024.

Jokowi menegaskan tidak ada acara khusus begitu ia tiba di kampung halamannya. “Nggak ada (acara),” kata Jokowi.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie mengungkap Presiden Jokowi akan pulang ke Solo naik pesawat komersial. Jokowi akan lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

“Naik pesawat komersial dari Halim, 20 Oktober jam 15.00 WIB. Kalau nggak salah (naik) Citilink atau Garuda,” kata Budi saat dikonfirmasi.

0 Komentar