Minggu Malam Prabowo Subianto Umumkan Kabinet, Berikut Daftar Nama yang Berpeluang

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming (Instagram Prabowo)
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming (Instagram Prabowo)
0 Komentar

PRESIDEN terpilih Prabowo Subianto akan dilantik oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat sebagai presiden di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, pada Ahad pagi, 20 Oktober 2024. Pada hari yang sama malam ini, Prabowo akan mengumumkan komposisi kabinet pemerintahannya.

“Minggu malam (pengumuman kabinet),” kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani di kompleks parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu, 19 Oktober 2024.

Prabowo sudah memanggil kandidat menteri, calon wakil menteri, serta bakal pejabat lainnya dalam kesempatan terpisah di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. Total 49 orang dipanggil pada Senin, 14 Oktober, 2024. Dalam kesempatan terpisah besok harinya, Ketua Umum Partai Gerindra itu menerima 59 orang.

Baca Juga:Polda NTT Tegas PTDH Terhadap Ipda Rudy Soik Tidak Terkait Mafia BBM di KupangSelamat Hari Radio Republik Indonesia

Mantan menantu Presiden Soeharto ini kemudian memberi pembekalan kepada calon menteri dan wakil menteri dalam tajuk ‘Hambalang Retreat’ pada Rabu hingga Kamis, 16 hingga 17 Oktober 2024. Prabowo, Jenderal TNI Purnawirawan, memberikan pembekalan kepada calon pembantu presiden dengan materi komunikasi publik, antikorupsi, geopolitik, artificial intelligence atau kecerdasan buatan, hingga cara menghadapi jurnalis. Tempo mendapatkan daftar menteri-menteri yang kemungkinan bakal diberikan kepercayaan oleh Prabowo. Ada konsistensi nama-nama tersebut dengan sosok yang dipanggil Prabowo ke Kertanegara, maupun yang menghadiri ‘Hambalang Retreat’.

Beberapa di antaranya misalnya para ketua umum partai atau petinggi Koalisi Indonesia Maju – kumpulan parpol pendukung Prabowo, seperti Bahlil Lahadalia, Agus Harimurti Yudhoyono, Zulkifli Hasan, dan Yusril Ihza Mahendra. Ada juga sejumlah orang dekat Prabowo yang beberapa juga merupakan kader Partai Gerindra, seperti Sugiono, Prasetyo Hadi, Sjafrie Sjamsoeddin, dan Supratman Andi Agtas.

Sejumlah calon menteri Prabowo, saat ini duduk di Kabinet Presiden Jokowi. Misalnya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dan lain-lain.

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, tidak membantah atau membenarkan saat Tempo menanyakan daftar nama-nama yang kemungkinan mengisi kabinet Prabowo. Ia hanya menyebut ada berapa versi susunan yang berbeda dan tidak jelas sumbernya dari mana. “Saya nggak mau komen,” ucapnya melalui pesan singkat kepada Tempo pada Sabtu, 19 Oktober 2024.

0 Komentar