6.757 Personel Gabungan Siaga Amankan Pelantikan Prabowo-Gibran, Disebar di 7 Titik

Sejumlah anggota Polri dari satuan Densus 88 melakukan defile saat mengikuti Apel Kesiapan Pengamanan Pelantik
Sejumlah anggota Polri dari satuan Densus 88 melakukan defile saat mengikuti Apel Kesiapan Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Senin (14/10/2024). (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa)
0 Komentar

SEBANYAK 6.757 personel gabungan disiagakan untuk mengamankan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Minggu (20/10). Ribuan personel tersebut akan disebar di tujuh titik.

“Memang disiapkan untuk pengamanan, terdiri atas tujuh kawasan,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan Kamis (20/10).

Susatyo memerinci titik itu ada di Monas, DPR, kawasan jalur Sudirman-Thamrin. Kemudian, kawasan akomodasi para tamu-tamu negara, serta kawasan di 12 halte MRT serta tujuh stasiun yang menjadi objek pengamanan dari kegiatan pelantikan presiden dan wakil presiden.

Baca Juga:Polda NTT Tegas PTDH Terhadap Ipda Rudy Soik Tidak Terkait Mafia BBM di KupangSelamat Hari Radio Republik Indonesia

Susatyo mengatakan pihaknya juga akan berkoordinasi dengan TNI sebagai ring 1 pengamanan presiden dan wakil presiden. Semua rangkaian acara sudah disimulasikan untuk menjamin kelancaran.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan jajaran TNI, karena ada presiden terpilih, di mana ring 1 adalah menjadi tanggung jawab TNI dan tentunya sampai dengan hari ini, semua gladi-gladi sudah dilaksanakan sejak kemarin, gladi perjalanan dan sebagainya,” ujar dia.

Susatyo melanjutkan pada hari yang sama juga akan digelar pesta rakyat dengan total 13 panggung hiburan. Susatyo menegaskan pihaknya siap mengamankan seluruh rangkaian acara. Jajaran telah diminta untuk mengatur alur orang agar tidak terjadi kepadatan

“Kalau di lantas, bagaimana mengatur alur kendaraan, kami akan mengatur untuk alur orang agar pada saat nanti menyaksikan panggung hiburan, kemudian nanti para tamu-tamu negara, VIP, VVIP melintas, juga bisa tetap aman,” terang dia.

Untuk diketahui, Prabowo-Gibran akan dilantik untuk memimpin pemerintahan periode 2024-2029 di Gedung DPR/MPR, Jakarta Selatan pada Minggu, 20 Oktober 2024. Pelantikan yang dilakukan dalam sidang paripurna MPR itu dimulai pukul 10.00 WIB.

Sidang paripurna nantinya dibuka Ketua MPR RI Ahmad Muzani. Prabowo dan Gibran masing-masing akan mengucapkan sumpah sebagai presiden dan wakil presiden. Setelah itu, keduanya akan menandatangani berita acara.

Dalam acara pelantikan itu juga nantinya ada pertukaran tempat duduk antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo sebagai presiden terpilih. Kemudian, pertukaran tempat duduk Wapres Ma’ruf Amin dengan Gibran Rakabuming Raka. (*)

0 Komentar