Peringatan Dini BMKG: Ada Potensi Gelombang Tinggi Capai Meter di Perairan Ini

Peringatan Dini BMKG: Ada Potensi Gelombang Tinggi Capai Meter di Perairan Ini
Ilustrasi Gelombang Tinggi
0 Komentar

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini tentang potensi gelombang tinggi yang bisa mencapai 4 meter pada Minggu (21/7/2024) mulai pukul 07.00 WIB.

Menurut data dari BMKG, gelombang tinggi berkisar antara 2,5 meter hingga 4 meter diperkirakan akan menerjang Samudera Hindia barat Bengkulu hingga Lampung, serta Samudera Hindia selatan Banten hingga Jawa Timur. 

Kecepatan angin tertinggi tercatat di Samudera Hindia barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Samudera Hindia selatan Banten hingga Jawa Barat, Laut Natuna utara, perairan Bitung hingga Kepulauan Sitaro, Laut Banda, perairan Kepulauan Sermata hingga Kepulauan Tanimbar, serta perairan Kepulauan Kai hingga Kepulauan Aru.

Baca Juga:Demonstrasi Besar Mahasiswa di Bangladesh Berujung Kerusuhan, Ini Penyebab dan Jumlah KorbanKomnas HAM Terjun Langsung Tangani Kasus Kematian Wartawan TribrataTV di Karo

Selain itu, gelombang sedang dengan ketinggian 1,25 meter hingga 2,5 meter juga diprediksi akan memengaruhi beberapa perairan di Indonesia.

Pola angin di wilayah utara umumnya bergerak dari Tenggara ke Barat Daya dengan kecepatan sekitar 8-25 knot. Sementara itu, di wilayah selatan, angin bergerak dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 10-25 knot. (*)

 

 

0 Komentar