Debat Panas Biden-Trump Saling Serang, Berikut Pernyataan Penting Kedua Capres Amerika Serikat

Presiden AS Joe Biden dan mantan Presiden AS dan calon presiden dari Partai Republik Donald Trump berpartisipa
Presiden AS Joe Biden dan mantan Presiden AS dan calon presiden dari Partai Republik Donald Trump berpartisipasi dalam debat presiden pertama pemilu 2024 di studio CNN di Atlanta, Georgia, Sabtu (28/6/2024). Foto: Andrew Caballero-Reynolds/AFP
0 Komentar

PRESIDEN Amerika Serikat Joe Biden dan eks Presiden Donald Trump kembali bertemu dalam perhelatan debat calon presiden AS, Jumat (28/6).

Debat berlangsung panas. Keduanya saling serang hampir di setiap isu. Para kandidat membahas berbagai topik mulai dari imigrasi, aborsi, hingga demokrasi.

Apa saja momen dan pernyataan penting kedua capres di debat pertama?

Pernyataan penutup

Baca Juga:Ibu Kandung Pegi Setiawan Tolak Jalani Pemeriksaan Psikologi, Ini Alasan Kuasa HukumSurvey ARFI Institut Ungkap Hasil Elektabilitas Calon Wali Kota Cirebon: Eti Herawati di Urutan Ketiga

Trump menjabarkan pencapaian selama masa jabatannya sebagai presiden dan menyebut Biden sebagai “pengeluh”. 

“Seluruh negara meledak karena anda, karena mereka tidak menghormati anda,” katanya kepada Biden, seperti dikutip dari CNN.

Dalam pernyataan penutupnya, Biden fokus pada pajak dan berjanji akan menurunkan inflasi.

Jaminan Sosial

Biden mengatakan akan membuat orang-orang yang sangat kaya membayar bagiannya secara adil supaya Jaminan Sosial tetap sanggup membayar utangnya.

Dia mengatakan tidak akan menaikkan biaya Jaminan Sosial bagi siapa pun yang berpenghasilan kurang dari USD 400 ribu per tahun.

Kasus-kasus pengadilan

Biden mengemukakan tuduhan kejahatan pidana Trump.

“Satu-satunya orang di panggung ini yang merupakan terpidana penjahat adalah orang yang saya lihat saat ini,” kata Biden sambil memandang Trump.

Biden membandingkan moral Trump dengan “kucing gang”.

Serangan Capitol 6 Januari

“Saya bisa melihat – saya hampir tidak melakukan apa pun. Mereka meminta saya untuk berpidato,” ungkap Trump saat ditanya tentang tanggal 6 Januari.

Baca Juga:Persidangan Taipan Media Hong Kong Atas Tuduhan ‘Konspirasi Publikasi Hasutan’ Makan Waktu LamaDirektur Al Jazeera Salah Negm: Kerugian yang Kami Alami karena Penghentian Siaran Dibawa ke Jalur Hukum

Biden menunjukkan bahwa Trump mendorong masyarakat untuk pergi ke Capitol Hill, dan duduk di Ruang Oval selama tiga jam.

“Menonton, diminta oleh wakil presidennya dan sejumlah rekannya di pihak Partai Republik untuk melakukan sesuatu, untuk menelepon untuk berhenti, untuk mengakhirinya.”

Imigrasi

Di ​​perbatasan, Biden menggembar-gemborkan kesepakatan perbatasan bipartisan yang dia negosiasikan, namun gagal di Senat.

Dia juga menyinggung kebijakan Trump yang memisahkan beberapa keluarga saat masa jabatannya.

Trump mengulangi klaim yang menyalahkan kebijakan imigrasi Biden atas kejahatan kekerasan di AS.

Konflik Gaza

Trump tidak menjawab secara langsung apakah dia akan mendukung kemerdekaan negara Palestina untuk mengakhiri perang antara Israel dan Hamas.

0 Komentar