Begini Kronologi Pembunuhan Yahya al Sinwar di Tal as-Sultan Rafah

Tangkapan layar dari video drone yang dirilis IDF, menunjukkan saat-saat terakhir Pemimpin Hamas Yahya Sinwar,
Tangkapan layar dari video drone yang dirilis IDF, menunjukkan saat-saat terakhir Pemimpin Hamas Yahya Sinwar, 17 Oktober 2024. Foto/X
0 Komentar

Tubuhnya tetap tidak terganggu selama beberapa waktu karena para tentara takut akan jebakan, dan menunggu sampai area tersebut diamankan.

Jenazah Sinwar kemudian dibawa ke laboratorium di Israel di mana polisi mengkonfirmasi kecocokan dengan catatan gigi dan sidik jarinya, yang diambil selama masa tahanan sebelumnya.

Di manakah Sinwar dibunuh?

Di Tal as-Sultan, sebuah lingkungan yang sebagian besar telah dihancurkan oleh tentara Israel. Kelompok investigasi Bellingcat telah memverifikasi lokasi tersebut, dengan menggunakan rekaman yang diambil tentara Israel pada September.

Baca Juga:Polda NTT Tegas PTDH Terhadap Ipda Rudy Soik Tidak Terkait Mafia BBM di KupangSelamat Hari Radio Republik Indonesia

Hal ini menunjukkan bahwa distrik tersebut sudah diketahui oleh tentara Israel sebelum pertemuan mereka dengan pemimpin Hamas minggu ini.

Apakah Israel menemukan Sinwar dengan menggunakan intelijennya?

Kabarnya, unit yang menemukan Sinwar adalah salah satu komandan pasukan yang sedang berlatih dan tidak mengetahui bahwa pemimpin Hamas itu ada di sana, demikian menurut New York Times, dengan mengutip empat pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya.

Baik AS maupun Israel mengklaim bahwa intelijen mereka berkontribusi dalam menemukan Sinwar, atau mempersempit area di mana ia bisa bergerak.

Namun tidak banyak bukti yang mendukung hal tersebut.

Menanggapi berita kematian Sinwar, Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa ia telah “mengarahkan personel Operasi Khusus dan para profesional intelijen kami untuk bekerja berdampingan dengan rekan-rekan Israel mereka untuk membantu menemukan dan melacak Sinwar”, tak lama setelah serangan yang dipimpin Hamas terhadap Israel.

Israel juga buru-buru memuji intelijennya, mengklaim bahwa upaya mereka telah menentukan daerah di mana Sinwar berada dan mereka telah mendekati pemimpin Hamas itu.

Sumber daya apa saja yang telah dikerahkan untuk menemukan Sinwar?

Sinwar telah menjadi target nomor satu pemerintah Israel di Gaza sejak 7 Oktober 2023.

Sebuah unit khusus untuk menemukan Sinwar dibentuk di dalam Shin Bet, pasukan intelijen domestik Israel.

Baca Juga:UMKM Dirugikan, Menkominfo Sebut Aplikasi TEMU Bahaya, Jangan Masuk ke IndonesiaJokowi: Tanggal Pelantikan 20 Oktober, Saat Itu Bapak Prabowo Milik Seluruh Rakyat Indonesia Bukan Gerindra

Mendukung Shin Bet, badan-badan AS dikatakan menyadap komunikasi elektronik untuk membantu menemukan Sinwar dan menyediakan “radar penembus tanah”.

Terlepas dari semua itu, pria yang digambarkan sebagai “orang mati yang berjalan” oleh militer Israel ini, berhasil lolos dari deteksi salah satu jaringan pengintai paling canggih di dunia.

0 Komentar