Hamas Konfirmasi Gugurnya Yahya al Sinwar di Rafah

Yahya Sinwar (AFP)
Yahya Sinwar (AFP)
0 Komentar

Pernyataan tersebut mengatakan bahwa mayat tiga orang yang digambarkan sebagai pelaku sabotase telah ditemukan, dan mereka sedang memeriksa apakah Sinwar termasuk salah satu dari mereka, dan menekankan bahwa belum ada konfirmasi akhir mengenai identitas ketiganya.

Menurut tentara Israel, tidak ada indikasi bahwa gedung tempat operasi militer tersebut berlangsung, terdapat sandera Israel. Pernyataan bersama tersebut tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang operasi militer atau lokasinya.

Wartawan Elias Kram mengatakan kepada Al Jazeera, mengutip media Israel, bahwa pembunuhan tersebut dilakukan secara kebetulan, tanpa informasi intelijen sebelumnya, ketika tentara menargetkan sebuah bangunan di mana Sinwar dan militan lainnya berada.

Baca Juga:Polda NTT Tegas PTDH Terhadap Ipda Rudy Soik Tidak Terkait Mafia BBM di KupangSelamat Hari Radio Republik Indonesia

Dia menambahkan bahwa pemeriksaan medis sedang berlangsung untuk mengkonfirmasi bahwa salah satu mayat tersebut adalah milik Sinwar, mencatat bahwa Sinwar adalah seorang tahanan pendudukan dan mereka memiliki laporan medis tentang dia, termasuk hasil tes DNA.

Sinwar terpilih sebagai pemimpin gerakan Hamas setelah Israel membunuh Ismail Haniyeh di Iran pada akhir Juli lalu. Sejumlah media Israel melaporkan, klaim pembunuhan Yahya Sinwar bermula dari insiden di mana tentara Israel mengidentifikasi tiga pria bersenjata di Tal as-Sultan, sebuah daerah di Rafah di selatan Jalur Gaza.

Mereka menyerang ketiga pria bersenjata tersebut dan membunuh mereka, dan baru pada saat itulah mereka curiga bahwa salah satu pejuang tersebut sebenarnya adalah Yahya Sinwar. Menurut beberapa laporan, jenazahnya telah dibawa kembali ke Israel.

Sekarang mereka berada di Yerusalem untuk melakukan tes DNA guna memastikan identitas pejuang tersebut. Ada indikasi kuat, setidaknya di media Israel hampir yakin itu adalah Yahya Sinwar.

Times of Israel melansir, Kantor Perdana Menteri Binyamin Netanyahu mengatakan perdana menteri mengarahkan sekretaris militernya untuk menginstruksikan IDF untuk memberi tahu keluarga para sandera bahwa tidak ada tanda-tanda bahaya pada sandera selama insiden baru-baru ini di Gaza di mana seorang pejuang yang sangat mirip dengan pemimpin Hamas Yahya Sinwar ditemukan.

Seorang pejabat senior Hamas mengatakan kelompok Palestina tidak dapat dilenyapkan dengan pembunuhan para pemimpinnya. “Hamas adalah gerakan pembebasan yang dipimpin oleh orang-orang yang mencari kebebasan dan martabat, dan hal ini tidak dapat dihancurkan,” kata Basem Naim, anggota senior biro politik Hamas, kepada AFP.

0 Komentar