Seleb Banting Setir ke Dunia Politik, Berikut Rangkuman Informasinya

Once Mekel
Once Mekel
0 Komentar

ANGGOTA DPR/MPR/DPD RI periode 2024-2029 resmi dilantik pada Selasa, 1 Oktober 2024, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta. Dari 580 anggota DPR terpilih dan 152 anggota DPD terpilih yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), terdapat sejumlah nama figur publik yang kini terjun ke dunia politik.

Beberapa selebritas itu berasal dari latar belakang dunia hiburan yang berbeda. Mulai dari pelawak, presenter, aktor dan aktris, hingga musisi dan penyanyi kenamaan Tanah Air. Mereka banting setir ke dunia politik untuk mengabdikan diri sebagai wakil rakyat. Lantas siapa saja musisi dan penyanyi Indonesia yang dilantik jadi Anggota DPR RI? Berikut rangkuman informasinya.

1. Sigit Purnomo (Pasha Ungu)

Vokalis band Ungu, Sigit Purnomo atau yang lebih dikenal sebagai Pasha Ungu, mengabdikan diri untuk periode baru di politik pemerintahan. Sebelumnya, Pasha menjabat sebagai Wakil Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah periode 2016–2021. Kini dia mengemban jabatan baru sebagai anggota DPR RI fraksi Partai Amanat Nasional (PAN). Pasha melenggang ke Senayan setelah meraih 50.222 suara dari Dapil DKI Jakarta III.

2. Elfonda ‘Once’ Mekel

Baca Juga:Selamat Hari Radio Republik IndonesiaUMKM Dirugikan, Menkominfo Sebut Aplikasi TEMU Bahaya, Jangan Masuk ke Indonesia

Musisi Elfonda Mekel atau Once Mekel menjadi salah satu politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang dilantik sebagai anggota DPR RI 2024-2029. Mantan vokalis Dewa 19 ini menjadi wakil rakyat dari Dapil DKI Jakarta III dengan perolehan 47.896 suara saat Pemilu 2024 lalu.

Terpilih sebagai anggota legislatif, Once mengungkapkan sejumlah isu yang akan dikawalnya. Mulai dari hak cipta di industri kreatif Indonesia, penyaluran program pemerintah agar tepat sasaran, hingga pembukaan lapangan kerja termasuk di industri kreatif dan budaya. “Juga di lapangan industri kreatif dan budaya, yang nanti ingin saya perjuangkan semuanya menjadi lebih baik,” katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

Calon Legeslatif DPR RI dapil Jakarta II Once Mekel menyalakan lilin saat mendeklarasikan mendukung pasangan Ganjar-Mahfud di Gedung Joang, Menteng, Jakarta, Jumat, 15 Desember 2023. Dalam keteranganya, GMKI akan mempersiapkan para pemuda kristen di 116 titik se-Indonesia akan memenangkan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024 mendatang. TEMPO/ Febri Angga Palguna

0 Komentar