Ustaz Adi Hidayat Berikan Panduan Melatih Anak Berpuasa hingga Seharian Penuh

Ustaz Adi Hidayat Berikan Panduan Melatih Anak Berpuasa hingga Seharian Penuh
Ilustrasi
0 Komentar

BANYAK orang tua bingung cara melatih anak berpuasa hingga seharian penuh. Banyak dari mereka belum menemukan cara tepat agar anak mau dan mampu menjalankan puasa termasuk berpuasa selama sebulan penuh di Ramadan 2024 ini.

Pendakwah, ustaz Adi Hidayat menyadari kekhawatiran itu. Lewat unggahan video di kanal YouTube miliknya, pendiri kajian Islam Quantum Akhyar itu membagikan tips bermanfaat yang bisa dilakukan orang tua dalam mengajarkan anak mereka berpuasa.

Ustaz Adi Hidayat mengatakan terdapat usia ideal bagi anak-anak untuk berlatih puasa. Menurutnya usia yang ideal adalah sebelum anak itu mencapai masa akil baligh atau waktu dimana anak sudah mengalami perubahan biologis.

Baca Juga:Bangunkan Anak Sahur Tanpa Rewel Banyak Drama, Ikuti Kiat Mudah IniKantor Berita Palestina WAFA: Israel Masih Lancarkan Serangan ke Gaza Meski Sudah Masuk Bulan Suci Ramadan

Di masa-masa sebelum akil baligh, orang tua diharapkan mau melatih anaknya untuk berpuasa. Hanya saja memang penerapannya perlu disesuaikan dengan kemampuan anak.

“Batas idealnya sebelum sampai baligh. Ukur dengan kemampuan dia menunaikan puasa. Lakukan secara bertahap sampai dia mendapatkan kematangan dan kenikmatan serta menunaikan secara penuh. Ukuran setiap anak berbeda usianya,” kata ustaz Adi Hidayat, dikutip dari kanal YouTube miliknya, Selasa (12/3/2024).

Dia mengatakan jika rentang usia anak sebelum mencapai akil baligh memang panjang. Dia menyarankan pelatihan puasa terhadap anak bisa dilakukan di usia 4 atau 5 tahun. Tetapi pelatihan puasa di usia itu menurutnya harus dilakukan bertahap.

Jadi tidak memaksakan anak itu langsung berpuasa sehari penuh. Baiknya puasa dilakukan setelah salat subuh sampai pukul 12 siang. Jika sudah terbiasa waktu puasa bisa diperpanjang hingga jam 3 sore. Begitu juga jika sudah terlatih maka dipanjangkan lagi hingga azan maghrib berkumandang.

“Berlatih itu jangan didorong untuk penuh dulu. Nah kadang-kadang ini ada yang miss nih, berlatih puasa itu tidak harus didorong untuk anak bisa sampai maghrib, semampu dia dulu,” ucap ustaz Adi Hidayat.

Menurut dia langklah itu perlu dilakukan karena metabolisme yang dimiliki setiap anak juga butuh penyesuaian. Pelatihan bertahap akan membuat metabolisme anak beradaptasi dan kemudian mampumenjalankan puasa secara sempurna. Maka dari itu, tiap anak kemampuannya akan sangat berbeda. .

0 Komentar