Bacaan Niat Sahur, Doa Setelah Makan Sahur dan Waktu Mustajab untuk Berdoa

Bacaan Niat Sahur, Doa Setelah Makan Sahur dan Waktu Mustajab untuk Berdoa
Ilustrasi
0 Komentar

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Bacaan latin: Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaa bannaar.

Artinya: “Dengan nama Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Ya Allah, berkahilah rezeki yang Engkau berikan kepada kami, dan karuniakanlah rezeki yang lebih baik dari itu dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

Doa Setelah Makan Sahur

Setelah selesai sahur bisa lafalkan doa dan pujian. Doa ini juga bisa dibaca kapanpun ketika selesai makan, bukan hanya ketika sahur.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Baca Juga:Pakar Psikologi Forensik Tidak Sependapat Kasus 4 Orang Tewas di Jakut Disebut Aksi ‘Bunuh Diri Sekeluarga’, Begini AnalisanyaSalat Tarawih 8 Rakaat 4 Kali Salam, Begini Bacaan Niatnya dan Tata Caranya

Bacaan latin: Alhamdulillahi ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin.

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan telah memberi kami minum, dan menjadikan kami termasuk orang yang patuh.

Dalam hadis juga disebutkan dari Mu’adz bin Anas, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Siapa yang makan suatu makanan kemudian berdoa:

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي أَطْعَمَنِي هَذَا الطَّعَامَ وَرَزَقْنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلً مِنِّي وَلَا قُوَّةٍ

(Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dengan makanan ini dan menjadikannya rezeki untukku, tanpa daya dan kekuatan dariku)

Maka akan diampuni dosanya yang terdahulu.” (HR Abu Daud, Ibnu Majah, dan At-Tirmidzi).

Waktu Mustajab untuk Berdoa

Ramadan merupakan bulan yang mulia. Setiap amalan di bulan ini akan dilipat gandakan pahalanya dan juga menjadi waktu mustajab untuk berdoa.

Mengutip buku Doa – Doa Mustajabah oleh Abu Qalbina, puasa di bulan Ramadan merupakan momen terbaik untuk berdoa.

Baca Juga:Tradisi Dlugdag Tabuh Bedug Samogiri Berusia Ratusan Tahun di Langgar Agung Kraton Kasepuhan, Tandai Awal Ramadan 1445 HijriahMisi Pencarian Kotak Hitam dan Flight Data Recorder Pesawat Pilatus PC-6 Porter PK-SNE Smart Aviation

Hari-hari yang dijalani selama bulan puasa merupakan hari-hari yang sangat spesial bagi setiap muslim. Di dalam hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam disebutkan, bahwa pada Ramadan pintu neraka ditutup, pintu surga dibuka, dan setan dibelenggu. Malaikat berpesan kepada kita, “Wahai pencari kebajikan, tebarkanlah. Wahai pencari kejahatan, persempitlah.”

Pada bulan puasa, setiap muslim mempunyai kesempatan yang sangat luas untuk berdoa. Manfaatkan waktu setiap saat untuk berdoa dan memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Anjuran makan sahur dijelaskan dalam hadits dari Abdullah bin Umar Radiallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Hendaklah kalian bersahur meskipun hanya seteguk air.” (HR. Ibnu Hibban)

0 Komentar