Tragedi Bantuan Makanan di Gaza: Versi Israel-Palestina

Tragedi Bantuan Makanan di Gaza: Versi Israel-Palestina
Rekaman udara yang dirilis militer Israel memperlihatkan, ribuan orang berada di dalam dan sekitar truk. (Foto: Militer Israel)
0 Komentar

KETIKA dunia mengecam penembakan oleh Israel terhadap kerumunan warga Palestina yang sedang menunggu bantuan makanan pada Kamis, Israel membela diri dengan versinya. Menurut militer Israel, Minggu, 3 Maret 2024, peristiwa yang dikenal sebagai Pembantaian Tepung itu terjadi karena massa yang berkumpul di dekat konvoi bantuan di Gaza mati terinjak-injak.

Pembelaan Israel ini tampaknya harus dibuktikan karena menurut pejabat kesehatan setempat korban yang dibawa ke rumah sakit terkena amunisi kaliber besar.

Militer Israel mengatakan sebagian besar warga Palestina yang tewas pekan lalu ketika kerumunan orang yang berkumpul di dekat konvoi bantuan di Gaza tewas karena terinjak-injak, namun pejabat kesehatan setempat mengatakan korban yang dibawa ke rumah sakit terkena amunisi kaliber besar.

Baca Juga:Kemenkes: Covid 19 Masih Bermutasi, WHO Ingatkan Ada Virus X Belum DiketahuiBMKG: Gelombang Tinggi Capai 4 Meter di Perairan Banten, 4 Maret 2024

Tekanan meningkat terhadap Israel atas kematian puluhan warga Palestina dalam insiden yang membingungkan di Jalur Gaza di mana massa mengepung konvoi truk bantuan dan tentara melepaskan tembakan, dan beberapa negara mendukung seruan PBB untuk melakukan penyelidikan independen.

Pejabat kesehatan Palestina mengatakan lebih dari 100 orang tewas dalam insiden dini hari itu, sebagian besar dari mereka ditembak oleh pasukan Israel. Para pejabat Israel telah menolak angka-angka yang diberikan oleh Palestina, namun belum memberikan perkiraan mereka sendiri.

Versi Israel

Juru bicara utama militer Israel Laksamana Muda Daniel Hagari mengumumkan hasil tinjauan awal yang mengulangi pernyataan Israel sebelumnya bahwa sebagian besar korban tewas terinjak-injak ketika massa menyerbu truk bantuan.

Selain itu, “beberapa orang” terkena serangan ketika tentara menembaki orang-orang yang mendekati mereka setelah kejadian tersebut dengan cara yang menunjukkan ancaman langsung, katanya, seraya menambahkan bahwa penyelidikan independen telah dibuka namun tidak memberikan rincian.

“Setelah tembakan peringatan dilepaskan untuk membubarkan penyerbuan dan setelah pasukan kami mulai mundur, beberapa penjarah mendekati pasukan kami dan memberikan ancaman langsung kepada mereka. Menurut tinjauan awal, tentara membalas terhadap beberapa orang,” katanya.

Versi Palestina

Muatasem Salah, anggota Komite Darurat Kementerian Kesehatan di Gaza, mengatakan ada lebih dari 1.000 korban, tewas dan terluka, akibat insiden tersebut dan dia menolak temuan tinjauan Israel.

0 Komentar