Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Gelar Sidang Pemeriksaan Ketua dan Anggota KPU, Rekapitulasi Penghitungan Suara Nasional Ditunda

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Gelar Sidang Pemeriksaan Ketua dan Anggota KPU, Rekapitulasi Penghitungan Suara Nasional Ditunda
Gedung KPU RI (IST)
0 Komentar

DEWAN Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang pemeriksaan terhadap ketua dan anggota Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) terkait dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) dalam perkara nomor 4-PKE-DKPP/I/2024 di Ruang Sidang DKPP, Jakarta pada Rabu (28/2/2024).

Karena pemeriksaan tersebut, maka rekapitulasi penghitungan suara nasional Pemilu 2024 yang seharusnya dilangsungkan hari ini di kantor KPU, Jakarta Pusat, akhirnya diskors atau ditunda.

Pemeriksaan perkara yang diadukan Rico Nurfiansyah Ali mulai pukul 09.00 WIB. Rico mengadukan Ketua KPU Hasyim Asy’ari dan para anggota KPU, yakni Mochammad Afifuddin, Betty Epsilon Idroos, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz selaku Teradu I-VII.

Baca Juga:Rantis-Ranpur Buatan Dalam Negeri Dipamerkan di Depan Jokowi-PrabowoMendagri Tito Pastikan Data Penerima Makan Siang-Susu Gratis Bersumber dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

Dalam pokok aduan, Rico mendalilkan para teradu telah tidak akuntabel, dan profesional karena adanya dugaan kebocoran data daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024.

Sekretaris DKPP David Yama mengungkapkan agenda sidang hari ini adalah mendengarkan keterangan dari pengadu, teradu, ataupun pihak terkait dan saksi-saksi yang dihadirkan.

DKPP, kata David, telah memanggil para pihak secara patut sesuai ketentuan Pasal 22 ayat (1) Peraturan DKPP Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Beracara Kode Etik Penyelenggara Pemilihan Umum.

“Sekretariat DKPP telah memanggil semua pihak secara patut dengan menyampaikan surat pemanggilan sidang lima hari sebelum sidang pemeriksaan digelar,” ujar David dalam keterangannya, Rabu (28/2/2024).

David mengatakan, sidang ini bersifat terbuka untuk umum, baik masyarakat umum atau wartawan yang ingin meliput. Untuk memudahkan akses terhadap jalannya persidangan, sidang ini akan disiarkan secara langsung melalui akun Youtube dan Facebook resmi DKPP.

“Sehingga siapa pun dapat menyaksikan jalannya sidang pemeriksaan ini,” tandas David.

Terpisah, Ketua KPU Hasyim Asy’ari pun sudah membuka secara resmi rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 pada hari ini, Rabu (28/2/2024).

Baca Juga:Soroti Teknologi Drone, Singgung Komandan Pasukan Elite Quds Qasem Soleimani, Jokowi Minta TNI Perhatikan dan Kembangkan Teknologi PertahananJokowi Sematkan Pangkat Kehormatan Jenderal TNI Menhan Prabowo Subianto

Namun, seusai dibuka, rapat pleno tersebut langsung diskors karena dirinya bersama anggota KPU RI dipanggil Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) untuk menjalani sidang pemeriksaan etik.

“Dengan membaca bismillahirohmanirohim, maka rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional serta penetapan hasil pemilu serentak tahun 2024 dinyatakan terbuka,” kata Hasyim saat membuka rapat pleno rekapitulasi nasional di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

0 Komentar