Terungkap Kecepatan Angin di Rancaekek, Ini Penjelasan BMKG

Terungkap Kecepatan Angin di Rancaekek, Ini Penjelasan BMKG
Tornado Rancaekek (Twitter)
0 Komentar

Kecepatan angin yang dimaksud adalah kecepatan angin di permukaan, hingga ketinggian dua kilometer. Adapun radar cuaca terdekat yang mengukurnya berlokasi di Bandara Kertajati di Majalengka. “Coverage radar cuaca sampai 250 kilometer,” katanya.

Andri tak bisa memastikan apakah puting beliung Rancaekek adalah yang terkuat yang pernah terjadi di Tanah Air. Dia hanya menyatakan kalau BMKG akan mengkaji tren puting beliung yang semakin sering terjadi dan semakin kuat serta semakin merusak. Termasuk akan dikembangkan sistem peringatan dininya.

“Memang yang terjadi di Rancaekek puting beliung yang dahsyat, BMKG akan mengkaji sehingga nanti kita punya skala sendiri,” kata dia sambil menegaskan. “Ini bukan tornado.”

Baca Juga:Mobil Eropa Berikut Pemasok Dibuat Kewalahan Akibat Produsen asal TiongkokRektor Universitas Pancasila Dilaporkan ke Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri Terkait Dugaan Pelecehan Seksual, Begini Kronologinya

Soal yang terakhir, Andri mengutip definisi kekuatan tornado berdasarkan Enhanced Fujita Scale yang menyebut EF Rating nol atau tornado terlemah memiliki EF Scale 65-85 mil per jam atau 105-137 kilometer per jam. (*)

0 Komentar