Dilantik Jadi Menko Polhukam, Ini Profil Hadi Tjahjanto

Dilantik Jadi Menko Polhukam, Ini Profil Hadi Tjahjanto
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto bersama Menko Polhukam Mahfud MD di Jakarta, Jumat (8/9). Foto: Istimewa
0 Komentar

MENTERI Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto membenarkan dirinya akan dilantik sebagai menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (menko polhukam) oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (21/2).

“Iya, iya (dilantik sebagai menko polhukam),” kata Hadi singkat saat tiba di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu.

Hadi memasuki kompleks Istana Kepresidenan sekitar pukul 10.05 WIB. Begitu tiba, Hadi langsung masuk menuju Istana Negara.

Baca Juga:Perdebatan Euthanasia Terkait Legalitas Masih Berlangsung di Dunia KesehatanKelelahan, Anggota KPPS di Karawang Meninggal Dunia

Ia menyampaikan belum ingin memberikan keterangan secara detail kepada wartawan karena belum dilantik.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik menko polhukam serta menteri agraria dan tata ruang (ATR) baru, Rabu pagi.

Berdasarkan kabar yang bergulir, menko polhukam akan diisi oleh Hadi Tjahjanto, sedangkan posisi menteri ATR/kepala BPN akan diisi oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Pria kelahiran Malang, Jawa Timur pada 8 November 1963 ini merupakan purnawirawan TNI AU. Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto dilantik Jokowi sebagai Menteri ATR/Kepala BPN untuk menggantikan Sofyan Djalil.

Sebelumnya, di masa pemerintahan Jokowi, Hadi pernah menjabat sebagai Panglima TNI pada periode 2017-2021 menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo. Sebelum diangkat sebagai Panglima TNI, Hadi merupakan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) periode 2017-2018.

Hadi merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU pada 1987. Hadi memiliki rekam jejak dalam memberantas kasus korupsi. Ia juga melanjutkan menuntaskan kasus korupsi pembelian Helikopter Agusta Westland (AW) 101, yang diduga merugikan negara sebanyak Rp 220 miliar.

Sebelumnya Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyampaikan bahwa Presiden Widodo akan melantik Menko Polhukam dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN, Rabu ini. “Rabu, 21 Februari 2024, pukul 11.00 WIB, diagendakan pelantikan Menko Polhukam dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN oleh Presiden di Istana Negara,” ujar Ari dalam pesan singkat yang diterima di Jakarta, Selasa (20/2).

Baca Juga:Belum Beri Selamat ke Prabowo, Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby: Saya Tidak Bisa Memberi Anda Tanggal atau Waktu TertentuTPN Ganjar-Mahfud Desak KPU Segera Audit Investigasi Sistem Informasi Rekapitulasi Terkait Banyaknya Kesalahan Data

Sekretaris Pribadi Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, Ossy Dermawan menyampaikan bahwa AHY sudah meminta restu sang ayah SBY untuk dilantik sebagai Menteri ATR/Kepala BPN. “Tadi malam, Mas AHY sudah bertemu Bapak SBY yang baru tiba di Cikeas, untuk memohon doa restu dalam tugas yang baru sebagai Menteri ATR/Kepala BPN,” kata Ossy melalui pesan singkat di Jakarta, Rabu. (*)

0 Komentar