Zionis-Hamas Masih Berkonflik, Negara yang Berbatasan dengan Israel

Zionis-Hamas Masih Berkonflik, Negara yang Berbatasan dengan Israel
Citra satelit menunjukkan pemandangan umum perlintasan perbatasan Mesir-Gaza, dekat Rafah, 15 Februari 2024. Maxar Technologies/Handout via REUTERS
0 Komentar

ISRAEL adalah satu-satunya negara di Timur Tengah yang mayoritas penduduknya beragama Yahudi. Israel terletak di persimpangan Eropa, Asia dan Afrika serta berbatasan langsung dengan beberapa negara. Selain itu, wilayah Israel berbatasan dengan Laut Mediterania dan Laut Merah.

Israel didirikan pada 1948. Sebelumnya, negara tersebut bernama Palestina yang menjadi jajahan Inggris. Sebelum 1948, sebagian besar penduduk Palestina disebut orang Palestina dan sebagian besar terdiri dari Muslim Arab, Samaria, Badui, dan Yahudi.

Hingga kini, Israel dan Palestina masih terus berkonflik.

Negara yang Berbatasan Langsung dengan Israel

Wilayah dengan luas sekitar 22.071 km persegi ini berbatasan langsung dengan sejumlah negara. Berikut adalah negara-negara yang berbatasan langsung dengan Israel.

Palestina

Baca Juga:KKB Papua Kembali Berulah Tembak Pesawat Wings Air di Bandara Nop Goliat Dekai YahukimoUsai Pemilu 2024 Harga Beras Melonjak, Premium Tembus Rp 15.960 Per Kilogram, Luar Jawa Sudah Rp 17-an Ribu

Wilayah Palestina, yang mencakup Tepi Barat dan Jalur Gaza, menjadi pusat sengketa antara Palestina dan Israel. Kedua pihak telah menyatakan klaim atas wilayah tersebut, dengan perjanjian yang menetapkan otoritas Palestina atas wilayah ini. Namun, setelah Perang Arab-Israel pada tahun 1967, Israel mengambil kendali atas wilayah tersebut dan saat ini wilayah itu tetap di bawah pendudukan militer Israel.

Konflik antara Palestina dan Israel telah berlangsung sejak tahun 1948. Selama bertahun-tahun, Palestina telah berjuang untuk mendapatkan hak atas tanah airnya. Saat ini, terdapat perselisihan dan kontroversi mengenai apakah Palestina seharusnya diakui sebagai negara resmi. Sebanyak 138 dari 193 anggota PBB telah mengakui Palestina, sementara 165 negara anggota PBB mengakui Israel.

Lebanon

Lebanon terletak di sebelah utara Israel dan memiliki ibu kota bernama Beirut. Berbeda dengan negara-negara lain di Timur Tengah, Lebanon memiliki iklim Mediterania dengan musim panas yang panas dan musim dingin yang basah. Negara ini terkenal karena warisan budayanya yang kaya, termasuk reruntuhan Romawi kuno, masjid-masjid yang indah, dan masakannya yang lezat.

Seperti halnya negara-negara lain di Timur Tengah, Lebanon terlibat dalam konflik dengan Israel sejak tahun 1948. Israel menganggap Lebanon sebagai “negara musuh” dan warga negara Israel tidak diizinkan untuk mengunjungi Lebanon tanpa izin. Wisatawan dengan paspor yang mencantumkan visa atau stempel masuk/keluar Israel kemungkinan besar akan ditolak masuk ke Lebanon.

0 Komentar