Israel Hancurkan Gedung Press House-Palestina

Israel Hancurkan Gedung Press House-Palestina
Dalam serangan langsung lainnya terhadap jurnalis yang melaporkan kekejaman Israel di Gaza, rezim pendudukan telah menghancurkan gedung Gedung Pers di sebelah barat Kota Gaza.
0 Komentar

ISRAEL menghancurkan gedung kantor pusat lembaga pers independen Palestina bernama Press House, di sebelah barat Kota Gaza. Kabar ini dikonfirmasi lewat rilis Press House dan laporan media lokal pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Kantor berita Palestina Quds News Network mengunggah video di media sosial X pada Sabtu, yang memperlihatkan gedung-gedung hancur. Keterangan dalam video itu bertuliskan, “Tentara Israel menargetkan beberapa bangunan di bagian barat Gaza, termasuk markas Press House-Palestina.”

Menurut Press House, di markas tersebut terdapat banyak peralatan dan perlengkapan bagi jurnalis yang mengungsi di sana pada awal operasi militer besar-besaran Israel di Jalur Gaza.

Baca Juga:Film Dirty Vote Ungkap Politik Gentong Babi di Pemilu, Kenapa Bansos Jadi Alat Politik?Batal Rencana Beli Jet Tempur Bekas Mirage 2000-5 Rp12,34 Triliun dari Qatar

“Dewan Direksi Press House mengutuk keras penghancuran markas besar Yayasan tersebut oleh tentara Israel, yang berfungsi sebagai inkubator bagi semua jurnalis Palestina, lulusan, dan mahasiswa perguruan tinggi media di berbagai universitas Palestina,” demikian keterangan Press House dalam pernyataan resmi pada Minggu, 11 Februari 2024.

Kehancuran gedung-gedung termasuk markas Press House terungkap ketika Israel menarik pasukan mereka pada Sabtu, tepatnya saat fajar, dari beberapa daerah di sebelah barat Kota Gaza.

Press House merupakan lembaga media independen dan non-profit di Palestina. Lembaga tersebut didirikan pada 2013 atas inisiatif sekelompok jurnalis independen dalam upaya mempromosikan kebebasan berpendapat dan berekspresi, mendukung media independen dan memberikan perlindungan hukum bagi jurnalis di Palestina.

Misi dari lembaga tersebut adalah untuk menyediakan inkubator bagi media independen Palestina untuk mempromosikan kebebasan berpendapat dan berekspresi dengan mengembangkan kinerja profesional jurnalis di Palestina, selain membangun jaringan profesional media, intelektual, penulis, dan pembela hak kebebasan media dan hak asasi manusia.

Sebelumnya, Press House mengatakan tentara Israel telah membunuh direktur mereka, Bilal Jadallah, tewas saat kendaraan yang sedang ia naiki di Kota Gaza pada November 2023, dibom.

Penghancuran gedung Press House terjadi ketika tentara Israel terus menargetkan jurnalis dan pekerja media di Jalur Gaza. Menurut organisasi hak asasi manusia lokal dan internasional, Israel menargetkan institusi media dan jurnalis untuk menghilangkan narasi Palestina dari garis depan. Menurut data dari kantor media pemerintah di Gaza, sejak awal pembombardiran Israel pada 7 Oktober, Israel telah membunuh 124 jurnalis dan pekerja media di berbagai wilayah Jalur Gaza.

0 Komentar