Afrika Selatan Raih Peringkat Ketiga Piala Afrika 2023, Usai Menang Adu Penalti 6-5 Lawan Republik Demokratik Kongo

Afrika Selatan Raih Peringkat Ketiga Piala Afrika 2023, Usai Menang Adu Penalti 6-5 Lawan Republik Demokratik Kongo
Para pemain timnas Afrika Selatan melemparkan pelatih mereka ke udara usai merebut juara ketiga Piala Afrika dengan mengalahkan Kongo.(AFP/Sia KAMBOU)
0 Komentar

AFRIKA Selatan meraih peringkat ketiga Piala Afrika 2023 setelah memenangi adu penalti dengan skor 6-5 melawan Republik Demokratik Kongo di Stadion Felix Houphouet-Boigny, Abidjan, Pantai Gading, pada Minggu (11/2) dini hari WIB.

Peringkat ketiga ini menjadi prestasi terbaik bagi Afrika Selatan sejak Piala Afrika 2000, kala mereka juga finis di peringkat tiga setelah mengalahkan Tunisia melalui adu penalti.

Dalam pertandingan ini, kedua tim bermain menyerang sejak awal, dengan peluang berbahaya pertama diciptakan oleh RD Kongo pada menit ke-38. Meskipun demikian, tidak ada gol yang tercipta hingga babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Baca Juga:Timnas Qatar Sukses Pertahankan Gelar Juara Piala Asia 2023, Kalahkan Yordania 3-1Real Madrid Tundukkan Girona di La Liga Spanyol, Los Blancos Menang Telak 4-0

Pada babak kedua, permainan tetap sengit dengan Afrika Selatan lebih mendominasi penguasaan bola, sementara Kongo beberapa kali mengancam lewat serangan balik. Namun, buruknya penyelesaian akhir dari kedua tim membuat skor tetap 0-0 hingga babak kedua berakhir.

Pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu, tetapi kedua tim tetap gagal mencetak gol. Akhirnya, juara tempat ketiga ditentukan melalui adu penalti.

Afrika Selatan keluar sebagai pemenang dengan skor 6-5 setelah enam penendang mereka berhasil mencetak gol, sementara penendang terakhir RD Kongo gagal.

Sementara itu, partai final Piala Afrika 2023 akan mempertemukan tuan rumah Pantai Gading yang akan menghadapi Nigeria. Pertandingan berlangsung di Stadion Alassane Ouattara Stadium, Abidjan, Minggu (11/2) atau Senin (12/2) dini hari WIB. (*)

0 Komentar