Selamat Hari Pers Nasional, Ini Sederet Film Tentang Jurnalis Terbaik yang Bisa Anda Saksikan

Selamat Hari Pers Nasional, Ini Sederet Film Tentang Jurnalis Terbaik yang Bisa Anda Saksikan
Cuplikan film "Spotlight" (2015). (IMDB)
0 Komentar

Film yang dibintangi Jake Gyllenhaal, Mark Ruffalo, dan Robert Downey Jr. ini menceritakan kisah perburuan “Zodiac Killer”, seorang pembunuh berantai yang meneror San Francisco Bay Area selama akhir 1960-an dan awal 1970-an.

Pelaku terkenal dengan aksinya mengejek polisi dengan surat-surat, pakaian berlumuran darah, dan cipher dikirim ke kantor surat kabar. Kasus ini tetap menjadi salah satu kejahatan tak terpecahkan paling terkenal di Amerika Serikat.

Nightcrawler (2014)

Jika film-film di atas mengisahkan tentang perjuangan jurnalis mengungkapkan sebuah kasus, “Nightcrawler”, yang disutradarai oleh Dan Dilroy mengangkat kisah yang menggugah pemikiran penonton mengenai moral dalam jurnalistik.

Baca Juga:Hari Pers Nasional 2024, Kematian Wartawan Fuad Muhammad Syarifuddin Masih BerkabutKekasih Tamara Tyasmara Tersangka di Kasus Kematian Dante Terancam Hukuman Mati

Film fiksi ini berkisah tentang Lou Bloom (Jake Gyllenhaal), seorang pemuda yang sulit mendapat kerja. Setelah bertemu dengan seorang jurnalis lepas, ia lalu mendapat ide untuk menghasilkan uang dengan menjual hasil liputan lapangan ke stasiun televisi, apa pun yang terjadi.

The Post (2017)

Berlatarkan tahun 1971, film gaya dokumenter “The Post” menggambarkan kisah nyata upaya para jurnalis di The Washington Post untuk menerbitkan “Pentagon Papers”.

Artikel tersebut terdiri dari set tebal dokumen rahasia mengenai keterlibatan pemerintah Amerika Serikat dalam Perang Vietnam (1961-1975) dan sebelumnya di Indocina Perancis kembali ke tahun 1940-an dan akhir Perang Dunia II (1939 / 1941-1945).

Disutradarai oleh Stephen Spielberg, film ini turut dibintangi oleh Meryl Streep dan Tom Hanks, dan mendapatkan ulasan yang cukup positif.

Demikian sederet rekomendasi film tentang jurnalis yang bisa Anda tonton di Hari Pers Nasional ini. Selamat menonton.*

0 Komentar