Selamat Hari Pers Nasional, Ini Sederet Film Tentang Jurnalis Terbaik yang Bisa Anda Saksikan

Selamat Hari Pers Nasional, Ini Sederet Film Tentang Jurnalis Terbaik yang Bisa Anda Saksikan
Cuplikan film "Spotlight" (2015). (IMDB)
0 Komentar

Meski dikenal sebagai wartawan yang sering mengacau, Hunt tetap menjalankan misi gila tersebut bersama sahabatnya, yang merupakan seorang wartawan baru Benjamin Strauss (Jesse Eisenberg).

Shattered Glass (2003)

Shaterred Glass mengisahkan seorang jurnalis muda bernama Sthepen Glass (Hayden Christensen) yang menghancurkan kariernya yang gemilang, akibat terbukti mengarang semua berita yang dia tulis.

Film yang diangkat dari kisah nyata ini memberitahukan bahwa kredibilitas seorang jurnalis adalah sebuah keniscayaan. Pembuat berita harus menyampaikan informasi yang sesuai dengan fakta dan mesti rela bekerja keras untuk itu, apa pun konsekuensinya.

All the President’s Men” (1976)

Baca Juga:Hari Pers Nasional 2024, Kematian Wartawan Fuad Muhammad Syarifuddin Masih BerkabutKekasih Tamara Tyasmara Tersangka di Kasus Kematian Dante Terancam Hukuman Mati

All the President’s Men mengisahkan skandal Watergate, yang menjatuhkan presiden Richard M. Nixon. Disutradarai oleh Alan J. Pakula dengan skenario oleh William Goldman, film ini didasarkan pada buku non-fiksi karya Carl Bernstein dan Bob Woodward yang rilis di tahun 1974 dengan judul sama.

Bernstein (Robert Redford) dan Woodward (Dustin Hoffman) sendiri merupakan dua jurnalis yang menyelidiki skandal Watergate untuk The Washington Post.

The Insider (1999)

The Insider, yang disutradarai oleh Michael Mann, diadaptasi dari artikel Vanity Fair yang ditulis oleh Marie Brenner berjudul “The Man Who Knew Too Much”.

Film ini dibintangi oleh Al Pacino dan Russell Crowe, dengan aktor pendukung termasuk Christopher Plummer, Bruce McGill, Diane Venora dan Michael Gambon, dan dinominasikan untuk tujuh Academy Awards, termasuk Film Terbaik dan Aktor Terbaik dalam Peran Utama (untuk Russell Crowe).

Shattered Glass (2003)

Shattered Glass yang ditulis dan disutradarai oleh Billy Ray diadaptasi dari sebuah artikel dari Vanity Fair buatan H. G. Bissinger pada September 1998.

Dalam artikel tersebut, ia mengisahkan tentang karier jurnalistik Stephen Glass di The New Republic pada pertengahan 1990-an dan bagaimana kecurangan jurnalistiknya terungkap.

Film ini dibintangi oleh Hayden Christensen, Peter Sarsgaard, Chloë Sevigny, Hank Azaria, Melanie Lynskey, dan Steve Zahn.

Zodiac (2007)

Baca Juga:Angger Dimas Respons Penangkapan Pacar Tamara Tyasmara: This is just a beginningKekasih Tamara Tyasmara Saat Diamankan ke Polda Metro Jaya

Zodiac adalah film thriller-misteri yang disutradarai oleh David Fincher, dan skenarionya diadaptasi dari buku non-fiksi dengan judul yang sama oleh Robert Graysmith yang terbit pada 1986.

0 Komentar