Selamat Hari Pers Nasional, Ini Sederet Film Tentang Jurnalis Terbaik yang Bisa Anda Saksikan

Selamat Hari Pers Nasional, Ini Sederet Film Tentang Jurnalis Terbaik yang Bisa Anda Saksikan
Cuplikan film "Spotlight" (2015). (IMDB)
0 Komentar

Meskipun para jurnalis awalnya bertanya-tanya mengenai keputusan presiden kala itu, namun mereka tetap mencari fakta tentang klaim Bush mengenai kepemilikan senjata pemusnah massal milik Saddam Hussein.

The Post (2017)

Film arahan sutradara Steven Spielberg ini diadaptasi dari kisah nyata dan sukses pada masanya. Kisahnya berfokus pada perseteruan antara jurnalis dengan pemerintah.

Para wartawan The Washington Post hendak mengungkap rahasia di balik kasus Pentagon Papers yang menjadi bukti kebohongan pemerintah Amerika Serikat (AS) pada rakyat.

Dhaka Attack (2017)

Baca Juga:Hari Pers Nasional 2024, Kematian Wartawan Fuad Muhammad Syarifuddin Masih BerkabutKekasih Tamara Tyasmara Tersangka di Kasus Kematian Dante Terancam Hukuman Mati

Film asal Bangladesh yang disutradarai oleh Dipankar Dipon ini adalah salah satu film terbaik yang berhasil memenangkan penghargaan di 42nd Bangladesh National Film Awards.

Kisahnya menceritakan Polisi Metropolitan Dhaka yang menyelidiki operasi sengit organisasi teroris yang hampir menghancurkan pertahanan negara.

Ketika menggali kasus, ia bertemu dengan jurnalis investigasi kriminal Chaity, yang ternyata memiliki informasi mengenai teroris tersebut.

Kill The Messenger (2014)

Film bergenre thriller kriminal Amerika ini berkisah tentang seorang jurnalis Gary Webb yang menyelidiki penyebaran kokain di Amerika Serikat.

Dengan bantuan seorang wanita bernama Coral, akhirnya ia pun berhasil mengumpulkan fakta-fakta terkait keterlibatan pemerintah AS dan CIA dalam jaringan narkoba di beberapa negara bagian.

The Shrine (2010)

Rekomendasi film tentang jurnalis berikutnya bergenre horor supranatural asal Kanada, yaitu The Shrine. Film ini mengisahkan reporter pemula, Cindy Sampson, dan dua teman lainnya.

Ketiga jurnalis tersebut mencoba mengungkap kasus seorang backpacker muda Amerika yang hilang di desa terpencil Polandia.

Baca Juga:Angger Dimas Respons Penangkapan Pacar Tamara Tyasmara: This is just a beginningKekasih Tamara Tyasmara Saat Diamankan ke Polda Metro Jaya

Meskipun tidak berhasil menemukan orang yang mereka cari, mereka justru menemukan fakta lain bahwa desa yang mereka kunjungi itu menyembunyikan banyak kisah mengerikan.

The Hunting Party (2007)

Bekerja sebagai jurnalis harus siap melakukan liputan ke daerah apa pun, termasuk lokasi perang. Hal ini yang direkam oleh film The Hunting Party yang dirilis pada 2007.

Dikisahkan, seorang mantan wartawan dari Amerika yang memiliki kepribadian yang unik bernama Simon Hunt (Richard Gere) yang nekat pergi ke lokasi perang di Yugoslavia untuk mencari penjahat perang.

0 Komentar