Kisah The Guardian Mengungkap Kekayaan Kerajaan Inggris yang Disembunyikan dari Pengawasan Publik

Kisah The Guardian Mengungkap Kekayaan Kerajaan Inggris yang Disembunyikan dari Pengawasan Publik
Salinan surat tahun 2004 dari Charles kepada perdana menteri saat itu, Tony Blair; salah satu dari serangkaian surat pribadinya kepada para menteri yang diterbitkan setelah keputusan pengadilan tertinggi Inggris. Foto: Philip Toscano/PA
0 Komentar

Pertanyaan tentang kekayaan pribadi keluarganya, dan sejauh mana mereka memperoleh keuntungan dari peran publik mereka. Pertanyaan tentang asal muasal sebagian kekayaan mereka yang meragukan. Dan pertanyaan tentang apakah masyarakat mendapatkan manfaat dari jumlah uang yang mereka berikan setiap tahunnya untuk mendanai gaya hidup mewah keluarga Windsors.

Istana Buckingham berpendapat bahwa pengaturan keuangan anggota kerajaan harus “tetap bersifat pribadi, seperti yang dilakukan individu lainnya”. Namun kabut yang menyelimuti pertanyaan-pertanyaan tersebut berasal dari kebingungan mengenai apa yang secara sah dapat disebut sebagai kekayaan pribadi para bangsawan, apa yang menjadi milik rakyat Inggris, dan apa, yang seringkali terjadi, secara ambigu mengangkangi kedua hal tersebut.

Ini bukanlah topik yang mudah untuk dihadapi oleh Raja Charles III. (*)

 

0 Komentar