Kisah The Guardian Mengungkap Kekayaan Kerajaan Inggris yang Disembunyikan dari Pengawasan Publik

Kisah The Guardian Mengungkap Kekayaan Kerajaan Inggris yang Disembunyikan dari Pengawasan Publik
Salinan surat tahun 2004 dari Charles kepada perdana menteri saat itu, Tony Blair; salah satu dari serangkaian surat pribadinya kepada para menteri yang diterbitkan setelah keputusan pengadilan tertinggi Inggris. Foto: Philip Toscano/PA
0 Komentar

Untuk mengatasi hal ini, The Guardian harus berkendara ke desa Datchet di Berkshire, dan rumah Tim O’Donovan, seorang pensiunan broker asuransi ramah yang telah menghabiskan 44 tahun terakhir menyusun catatan kertasnya sendiri tentang perjanjian ini; arsip yang dengan murah hati dia setuju untuk dibagikan. The Guardian menugaskan tim insinyur perangkat lunak, membuat program pembelajaran mesin untuk membaca sebanyak mungkin surat edaran yang telah didigitalkan dan memintanya untuk menganalisisnya dalam upaya menemukan jawabannya.

Jika Inggris ingin memiliki keluarga kerajaan sebagai kepala negaranya, tentunya warga negaranya harus memiliki akses yang lebih mudah terhadap informasi tentang apa sebenarnya yang mereka lakukan?

Apa yang dirahasiakan dari publik Inggris?

Perbedaan antara cara memperlakukan antara tokoh masyarakat biasa dengan mereka yang kebetulan memiliki darah bangsawan terlihat jelas ketika mereka meninggal. Berdasarkan hukum Inggris, surat wasiat bersifat publik, sebagian untuk mencegah penipuan atau malpraktik. Namun, wasiat keluarga kerajaan secara rutin disegel oleh hakim. Peristiwa bersejarah yang memunculkan tradisi ini adalah ditutup-tutupinya skandal seks kerajaan.

Baca Juga:Diduga Mencuri Proyek Jet Tempur KF-21, Karyawan PT Dirgantara Indonesia Dilarang Tinggalkan Korea SelatanDitemukan Meninggal di Hotel New Yorker, Teka-teki Keberadaan Makalah Nikola Tesla

Hingga tahun 1911, surat wasiat keluarga Windsor, selain surat wasiat raja bersifat publik, sama seperti keluarga Inggris lainnya. Pengadilan mulai menyensornya atas permintaan Ratu Mary setelah kematian saudara laki-lakinya, Francis dari Teck, menyembunyikan keputusannya dari publik untuk mewariskan perhiasan kepada seorang wanita yang berselingkuh dengannya.

“Ratu Mary ingin mereka kembali lagi,” jelas Michael Nash, dosen konstitusi Inggris di Universitas East Anglia. “Dia memanggil penasihat hukumnya dan dia berkata: Saya ingin tidak ada yang tahu tentang hal ini. Jadi surat wasiatnya sudah disegel.”

Sejak saat itu, anggota keluarga dapat meminta surat wasiat mereka yang disembunyikan karena dari garis keturunannya. Dokumen resmi mengungkapkan bahwa pejabat senior pemerintah sangat meragukan dasar hukum proses ini setengah abad yang lalu, namun hal ini terus berlanjut.

Setelah kematian Pangeran Philip pada tahun 2021, ketua pengadilan keluarga, Sir Andrew McFarlane, mengadakan sidang rahasia dan mengecualikan media. Hakim melangkah lebih jauh dari sekedar memutuskan bahwa hanya surat wasiat Philip yang harus disegel, dengan mengumumkan bahwa surat wasiat semua bangsawan senior selanjutnya harus dirahasiakan selama minimal 90 tahun.

0 Komentar