Digital Marketing UMKM pada Mahasiswa, Pentingnya Studentpreneur Kembangkan Kewirausahaan di Cirebon

Digital Marketing UMKM pada Mahasiswa, Pentingnya Studentpreneur Kembangkan Kewirausahaan di Cirebon
Pimpinan Redaksi delik.tv Aris Armunanto, Ahmad Farabi Caleg DPRD Provinsi Jabar 12, dan caleg nomor urut 2 Partai Perindo untuk DPR dari dapil 8 Jabar meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Indramayu, Dean Herdesviana bersama sejumlah mahasiswa Cirebon, Jumat malam (2/2)
0 Komentar

TRANSFORMASI ekonomi menjadi prasyarat untuk , memanifestasikan Indonesia yang berpendapatan tinggi. Keberhasilan transformasi ekonomi salah satunya ditandai dengan peningkatan rasio kewirausahaan nasional. Rasio kewirausahaan nasional saat ini tercatat baru sebesar 3,47 persen dan ditargetkan setidaknya mencapai 12 persen di tahun 2045.

”Untuk itu, saya memandang adanya keterkaitan yang erat antara keberadaan studentpreneur dengan upaya peningkatan rasio kewirausahaan nasional,” kata Caleg nomor urut 2 Partai Perindo untuk DPR dari dapil 8 Jabar meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Indramayu, Dean Herdesviana usai diskusi dengan sejumlah mahasiswa Cirebon di Himalayan Cafe, Jumat malam (2/2).

Dean mengungkapkan studentpreneur adalah sumber daya penggerak aktivitas kewirausahaan di lingkungan pendidikan, khususnya lembaga perguruan tinggi. Dalam kerangka yang lebih luas, keberadaannya tidak hanya akan menciptakan kemandirian ekosistem kampus itu sendiri, tetapi juga berpotensi mendorong capaian kewirausahaan nasional.

Baca Juga:Sempat Diamankan PDRM PGA, 3 Anggota TNI Satgas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia, Pulang ke Tanah AirPesan Kebangsaan dan Imbauan Moral Dewan Guru Besar UMY: Penggunaan Fasilitas Negara dengan Kewenangan, Pelanggaran Konstitusi yang Serius

Ia juga menyampaikan arti penting peningkatan inovasi dan pemanfaatan teknologi digital dalam pengembangan kewirausahaan. Teknologi digital agar dioptimalkan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk, serta membuka peluang akses ke pasar global.

”Tingkatkan pengetahuan, keahlian, dan beragam kompetensi santripreneur agar mampu beradaptasi dengan dinamika dan perubahan tren dunia,” katanya.

Lebih lanjut, kata Dean, mendorong penumbuhan para usahawan melalui berbagai upaya, terutama melalui inkubasi usaha-usaha muda. ”Kemudian juga tentu penguatan supaya lebih, (jadi) yang sudah eksis supaya menjadi lebih besar, yang lebih besar (menjadi lebih besar) lagi. Dan kemudian juga tentu usaha-usaha mengembangkan para santri,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ahmad Farabi Caleg DPRD Provinsi Jabar 12 Partai Perindo ingin mengembangkan bisnis melalui branding dan pemasaran produk lewat media sosial serta masuk ekosistem digital atau e-commerce.

Tujuannya, bersama mahasiswa dan UMKM dapat mengembangkan usaha agar bisa lebih maju. Salah satunya dengan mengenalkan pemanfaatan teknologi seperti digital marketing dan e-commerce untuk membantu proses pemasaran produk.

“Para mahasiswa dan pelaku UMKM diharapkan dapat mengembangkan cara berjualan mereka dari awalnya menggunakan cara konvensional menjadi lebih modern yakni dengan memanfaatkan e-commerce yang telah banyak bermunculan sehingga dapat memperluas  pangsa pasar produk UMKM,” terangnya saat ditemui di Himalayan Cafe, Cirebon, Jumat malam (2/2).

0 Komentar