Jika Berkunjung ke Maluku, Berikut Rekomendasi Santapan Khas dari Papeda hingga Manisan Pala

Jika Berkunjung ke Maluku, Berikut Rekomendasi Santapan Khas dari Papeda hingga Manisan Pala
Papeda adalah makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan Papua yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit.
0 Komentar

Tapi kenikmatan utama dari sambal colo-colo ini berasal dari daun kemangi dan kecap yang ditambahkan setelah sambal selesai diulek. Sambal pedas, asam, dan manis dilengkapi dengan harum kemangi ini sangat cocok dinikmati sebagai cocolan ikan bakar atau ikan asap khas Maluku.

Manisan Pala

Kalau bertandang ke Maluku jangan lupa juga untuk membawa pulang manisan pala sebagai buah tangan yang unik. Pala yang identik dengan rasa dan aroma yang kuat biasa digunakan masyarakat Maluku sebagai pelengkap bumbu masakan. Akan tetapi, ternyata masyarakat setempat juga mengkreasikan pala menjadi camilan.

Bagian dari buah pala yang digunakan sebagai bumbu masakan adalah bijinya, sedangkan untuk manisan ini yang diambil adalah bagian dagingnya. Pada proses pembuatannya, daging buah yang berasal dari Kepulauan Banda, Maluku ini nantinya akan diiris tipis dan direndam di dalam air garam selama satu hari dan direndam dengan air kapur sirih selama satu hari setelahnya.

Baca Juga:Politisi Golkar Idrus Marham Jalani Pemeriksaan 4 Jam di KPK, Akui Pernah Jadi Komisaris PT Citra Lampia Mandiri Selama 1 HariTerungkap Korban Meninggal Akibat Kecelakaan di Tol Jagorawi, Seleb TikTok Rahma Azzahra Putri Hariyadi

Terakhir, daging buah pala tersebut dimasak dengan larutan gula dan direndam selama satu hari pula sebelum dikeringkan dan ditaburi gula pasir. Selain manis, manisan pala juga memberikan rasa asam segar yang cocok dinikmati sebagai camilan bersama keluarga. (*)

0 Komentar