Gibran Rakabuming Raka vs Tom Lembong Soal Baterai LFP, Prospek Bisnisnya Diincar Luhut Binsar Pandjaitan

Gibran Rakabuming Raka vs Tom Lembong Soal Baterai LFP, Prospek Bisnisnya Diincar Luhut Binsar Pandjaitan
Blade Battery pada sebuah model mobil listrik dipamerkan di kantor pusat BYD di Shenzhen, Cina, Rabu, 20 Desember 2023. (IST)
0 Komentar

Di satu sisi, terdapat dua jenis baterai untuk Model 3 dengan voltase tinggi, yakni Lithium-ion, dan LFP. Baterai LFP memiliki tegangan 345 volt dengan aturan suhu yang sama dengan jenis Lithium-ion.

Mobil Tesla Model 3, yang salah satu jenisnya menggunakan baterai LFP, dapat dibeli di Indonesia melalui Prestige Motorcars selaku importir umum (IU).

Berdasarkan informasi di laman Tokopedia dari Prestige Motors, harga OTR Tesla Model 3 dipatok Rp1,75 miliar dengan booking fee senilai Rp99,99 juta dan masa pre-order sekitar 6—7 bulan.

Baca Juga:Strategi Politik Jokowi Sambangi Ketua Umum Partai Politik dan Blusukan di Kandang BantengCaleg Kabupaten Cirebon Sukarno Siap Perjuangkan Hak-hak Masyarakat

Adapun, hingga tutup 2023, pemerintah telah mengamankan komitmen investasi penghiliran nikel menjadi baterai setrum mencapai US$4,2 miliar atau sekitar Rp630 triliun.

Total komitmen investasi itu berasal dari LG Energy Solution (Korea Selatan) senilai US$9,8 miliar, CATL (China) US$5,2 miliar, dan Foxconn (Taiwan) senilai US$8 miliar.

Selanjutnya, rencana investasi intensif juga berasal dari Eropa dan Amerika Serikat, di antaranya diwakili oleh Indo-Pacific-Net Zero atau INBC (Inggris), BASF (Jerman) senilai US$2,5 miliar, Ford (Amerika Serikat) senilai US$4,5 miliar, dan Volkswagen (Jerman) senilai US$3 miliar. (*)

0 Komentar