Garuda Tertinggal 0-2 pada Babak Pertama Piala Asia 2023, Gol Bunuh Diri

Garuda Tertinggal 0-2 pada Babak Pertama Piala Asia 2023, Gol Bunuh Diri
Timnas Indonesia tertinggal 0-2 Australia pada babak pertama 16 Besar Piala Asia 2023 di Jassim bin Hamad Stadium, Minggu (28/12/2024) malam WIB. (Foto: Gulf Times)
0 Komentar

TIMNAS Indonesia untuk sementara tertinggal 0-2 pada babak pertama babak 16 besar Piala Asia melawan Australia, di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Minggu (28/1/2024).

Gol yang membawa Australia terjadi karena gol bunuh diri bek Indonesia, Elkan Baggott pada menit ke-12 serta sundulan Martin Boyle pada menit ke-45.

Timnas Indonesia mengandalkan lini depannya kepada Rafael Struick sedangkan Pratama Arhan harus rela duduk di kursi cadangan dalam pertandingan babak 16 besar Piala Asia melawan Australia di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Qatar, Minggu (28/1/2024).

Baca Juga:Berikut Susunan Pemain Australia vs Indonesia: Debut Shayne Pattynama di Piala Asia 2023Tahun Lalu, Lebih dari 3.000 Editor, Reporter hingga Profesional Industri Berita Kehilangan Pekerjaan di AS

Rafael akan bergerak di barisan depan bersama Yakob Sayuri dan Marselino Ferdinan. Berbeda dengan saat menghadapi Jepang di penyisihan grup D, pelatih Shin Tae-yong, tidak menampilkan Pratama Arhan sebagai pemain utama.

Namun, kapten Asnawi Mangkualam yang sebelumnya menjadi cadangan tampil sebagai pasukan utama kali ini. Dia akan berperan menjadi salah satu penopang di lini tengah bersama Ivar Jenner dan Shyne Pattynama serta Justin Hubner.

Sementara di lini belakang, Indonesia menurunkan Sandy Walsh. Elkan Baggott, dan Jordi Amat. Mereka akan mengawal kiper Ernando Ari.

Sementara di kubu Australia, pelatih Graham Arnold menurunkan formasi 4-4-1-1. Dia menampilkan Riley McGree dan Bruno Formaroli di barisan depan. Mereka ditopang lini tengah yang terdiri dari Martin Boyle, Keanu Baccus, Jackson Irvine, dan Jordan Bos.

Sementara di lini belakang pelatih menempatkan Gethin Jones, Harry Sourtar, Aziz Behich, dan Kye Rowles. Mereka mengawal kiper Mathew Ryan.

Indonesia sebenarnya mengawali pertandingan dengan baik. Beberapa serangan berhasil mereka bangun. Peluang pun didapatkan Rafael Struick.

Namun, Indonesia justru kebobolan saat pertandingan memasuki menit ke-12. Berawal dari serangan balik, Australia kemudian menyerang melalui Irvine dari sayap kanan. Dia kemudian merangsek ke pertahanan Indonesia dan melepaskan tendangan.

Baca Juga:Bob Woodward Menelanjangi Kebohongan Donald TrumpAktivitas Neo-Nazisme Meningkat di Negeri Kangguru

Bola kemudian melesak ke gawang Indonesia setelah sempat mengenai kaki Baggott. Bek Ipswich itu dianggap mencetak gol bunuh diri.

Pasukan Indonesia tak lantas putus asa setelah tertinggal. Mereka membuat beberapa peluang kendati gagal menghasilkan gol. Rafael Struick dan Justin Hubner sempat melayangkan tendangan ke arah gawang. Hanya performa gemilang Ryan yang membuat tendangan mereka gagal membuahkan gol.

0 Komentar