PM Republik Demokratik Timor Leste Xanana Gusmao Cium Tangan Menlu Retno Marsudi

PM Republik Demokratik Timor Leste Xanana Gusmao Cium Tangan Menlu Retno Marsudi
Perdana Menteri (PM) Republik Demokratik Timor Leste, Xanana Gusmao, terlihat mencium tangan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat, 26 Januari 2024. (Tangkapan layar) (Youtube Sekretariat Kabinet/Sekretariat Kabinet)
0 Komentar

PERDANA Menteri (PM) Republik Demokratik Timor Leste, Xanana Gusmao, terlihat mencium tangan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. Peristiwa itu terjadi saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut Xanana di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/1/2024).

Saat menyambut, Presiden Jokowi memperkenalkan beberapa menteri yang ikut. Menteri pertama yang dikenalkan Jokowi adalah Menlu Retno Marsudi.

Saat itulah, Xanana meraih tangan Menlu retno dan menciumnya. Kemudian, Xanana bersalaman dengan Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung Wibobo, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Baca Juga:Donald Trump Jadi Saksi Kasus Pencemaran Nama Baik dan Penyerangan Seksual, Kena Tegur HakimSelaras dengan KTP Sakti Ganjar-Mahfud, Dean Herdesviana: KTA Berasuransi Bakal Permudah Hidup Rakyat

Xanana yang tiba di Istana Bogor sekitar pukul 09.00 WIB diarak oleh pasukan berkuda, marching band, dan pasukan yang mengenakan pakaian tradisional serta tarian tradisional.

Xanana memberi hormat kepada Presiden Jokowi yang menyambutnya di depan dan keduanya bersalaman. Jokowi dan Xanana kemudian menyaksikan upacara penyambutan di halaman Istana Kepresidenan Bogor.

Upacara itu dilakukan dengan mengumandangkan lagu kebangsaan kedua negara, tembakan meriam 19 kali, dan inspeksi pasukan.

Setelah upacara selesai, Jokowi dan Xanana saling memperkenalkan delegasi masing-masing negara. Presiden Jokowi kemudian mengajak Xanana masuk ke Istana Bogor untuk melakukan foto bersama dan menandatangani buku tamu. (*)

0 Komentar