Mirip Padang Pasir Picu Kota Bandung Banjir, Odesa Indonesia Bagikan 12.000 Bibit Tanaman

Mirip Padang Pasir Picu Kota Bandung Banjir, Odesa Indonesia Bagikan 12.000 Bibit Tanaman
Dok. PORTAL JABARPROVGOID
0 Komentar

Dilansir dari laman resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Yayasan Odesa Indonesia berkegiatan sosial sejak tahun 2016 aktif menggalang donasi untuk penyebaran bibit tanaman pohon keras yang ditujukan untuk mencegah erosi sekaligus meningkatkan ekonomi dan gizi petani.

Pohon-pohon buah-buahan menjadi andalan program Odesa karena dengan tumbuhnya nangka, sirsak, sukun, matoa, durian, sirsak, jambu, jeruk dan lain sebagainya terbukti bisa memperbaiki keadaan. Sepanjang 8 tahun berkegiatan data dari Odesa Indonesia telah membagikan bibit buah-buahan sebanyak 870.000 pohon.

“Tetapi jumlah ini masih sedikit dibanding dari kebutuhan area yang sangat luas mencapai 70.000 hektar yang terbentang dari Purwakarta hingga Sumedang. Bahkan untuk zona pertanian di Kecamatan Cimenyan saja membutuhkan setidaknya lima hingga enam juta pepohonan di area 3 hingga 4 ribu hektar,” papar Budhiana.

Baca Juga:Charlie Van Houten Siap Realisasikan Aspirasi MasyarakatMitos Tentang Donor Darah, Begini Faktanya

Pada tahun 2014 ini, Odesa Indonesia telah memulai pembagian bibit buah-buahan kepada para petani di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung.

Koordinator Program Pertanian Konservasi Odesa, Ujang Rusmana mengatakan, tahun ini akan membagikan 12.000 bibit tanaman buah-buahan, lebih kecil dibanding pembagian bibit di musim hujan periode oktober 2022 hingga April 2023 silam yang jumlahnya mencapai 18.000 bibit.

“Jumlah pohon yang dibagi tergantung ketersediaan dari para donatur. Kalau sedang banyak bisa mencapai 30.000. Tapi dalam setiap tahun rata-rata 10.000 bibit bisa kita salurkan,” kata Ujang saat memberikan training botani kepada para mahasiswa di kebun Botani Odesa Cikadut Kabupaten Bandung.

Pembagian bibit buah-buahan yang dilakukan Odesa Indonesia biasanya disebarkan kepada petani di perbukitan meliputi petani di Mekarmanik, Cikadut, Mandala Mekar, Cimenyan, Ciburial, Sindanglaya di kecamatan Cimenyan dan sering pula melebar sampai kecamatan Cilengkrang dan Cibiru.

Petani di Kecamatan Cimenyan saat ini sudah senang menanam buah-buahan. Mereka juga sudah merasakan manfaatnya, terutama hasil panennya yang bagus. Meningkat gizi dan mendapatkan uang dari hasil penjualan.

“Dulu saat dapat bantuan pemerintah, para petani tidak mau menanam pohon karena bibit yang dibagikan berupa pohon penghasil kayu. Pohon penghasil kayu sering ditebang dan kurang nilai ekonominya. Lain kalau yang ditanam pohon buah,” pungkasnya. (*)

0 Komentar