Di Balik Jaringan Narkoba Internasional Fredy Pratama alias Miming di Indonesia

Di Balik Jaringan Narkoba Internasional Fredy Pratama alias Miming di Indonesia
Fredy Pratama atau Miming masih dinyatakan buron lantaran terjerat kasus sindikat narkoba internasional. (IST)
0 Komentar

“Kami tetap melakukan kerja sama dengan polisi Thailand. Bahkan, sekarang kami sudah join dengan BNN (Badan Narkotika Nasional) untuk melakukan gabungan antara BNN, Bareskrim, Bea Cukai, kepolisian Thailand, Divhubintern, Bea Cukai dari Thailand, dan Interpol,” kata Mukti.

Untuk diketahui, sejumlah orang anggota jaringan Fredy Pratama sudah ditangkap. Pada November 2023, Satgas Penanggulangan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba Polri menangkap jaringan narkoba Fredy Pratama berinisial B, yang merupakan anak buah Fredy, di Bekasi, Jawa Barat.

“Inisial B, tapi bukan selebgram, dia orang biasa, tapi jaringan Fredy Pratama,” kata Mukti di Jakarta, Senin 20 November 2023. Selain itu, anggota jaringan Fredy Pratama, yaitu Fajar Reskianto, sudah dijatuhi hukuman 20 tahun penjara karena berperan sebagai kurir serta kepemilikan sabu sebanyak 21 kilogram.

Daftar Selebgram Narkoba di Kasus Fredy Pratama

Baca Juga:Hari Ini 132 Tahun Thomas Alva Edison Patenkan Radio Sistem Produksi MassalRefleksi Otonomi Daerah 2023 – Desentralisasi Fiskal dan Ekonomi (Tamat)

Adelia Putri Salma dan Nur Utami adalah dua orang selebgram yang masuk ke dalam daftar tersangka kasus jaringan narkoba Fredy Pratama.

Selebgram asal Palembang Sumatera Selatan, Adelia Putri Salma ditangkap Polda Lampung. Dia masuk ke dalam daftar 39 tersangka yang terafiliasi jaringan narkoba Fredy Pratama menurut data yang dirilis oleh pihak kepolisian pada Selasa, 12 September 2023.

Sementara itu, Nur Utami adalah selebgram asal Kalimantan Selatan yang ditangkap oleh pihak kepolisian berdasarkan hasil pengembangan dari penangkapan 39 tersangka sebelumnya.

Kedua selebgram ini memang tidak melakukan peredaran barang haram itu secara langsung, namun menurut hasil penyidikan keduanya menikmati hasil penjualan narkoba yang masing-masing dilakukan oleh suami mereka.

Sementara itu, Fredy Pratama adalah gembong narkoba internasional yang sejak tahun 2014 lalu sudah masuk ke dalam daftar buronan polisi.

Hingga saat ini, Fredy Pratama masih belum tertangkap. Diduga ia melakukan operasi plastik untuk mengubah identitasnya agar terhindar dari pantauan polisi.

Fredy Pratama mengendalikan distribusi narkoba dari Thailand ke Indonesia. Untuk melancarkan bisnis haramnya, Fredy diketahui memiliki “pasukan” pengedar narkoba yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

Adelia Putri Salma

Baca Juga:Pentingnya Sertifikasi MSDM untuk Meningkatkan Profesionalisme dan KarirKH. Ahmad Dahlan Tremas atau Termas 1862-1911 (Bagian Pertama)

Irjen Helmy Santika, Kapolda Lampung mengatakan dalam siaran pers di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri pada Selasa, 12 September 2023 bahwa Adelia Putri Salma dikenal sebagai “ratu narkoba”.

0 Komentar