Haruskah saya khawatir tentang flossing?

Haruskah saya khawatir tentang flossing?
0 Komentar

Dalam jangka panjang, sulit juga untuk memastikan subjek tes melakukan flossing dalam waktu yang cukup lama, atau menggunakan teknik yang benar, meskipun mereka merasa telah melakukan segalanya dengan benar. Dan dalam penelitian yang diterbitkan tahun ini, para peneliti menemukan bahwa orang yang mempelajari dan secara konsisten menggunakan teknik flossing yang benar menunjukkan penurunan pendarahan gusi yang signifikan dibandingkan dengan orang yang hanya melanjutkan strategi apa pun yang mereka gunakan. Karena gusi berdarah bisa menjadi indikator awal penyakit gusi, hal ini merupakan temuan yang cukup signifikan.

“Jika Anda tidak pernah membersihkan gigi dengan benang gigi, Anda kehilangan bagian penting dari kebersihan mulut,” kata Dr Thomas Servos, dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Texas Health di Houston. “Flossing membantu menghilangkan plak dan partikel makanan dari sela-sela gigi dan area yang mungkin tidak terjangkau oleh sikat gigi secara efektif.”

Artinya, flossing dapat membantu mengatasi atau mencegah halitosis, serta mengatasi penumpukan plak yang hanya bisa dihilangkan oleh profesional jika sudah berubah menjadi karang gigi. Ada juga bukti (terbatas) bahwa flossing dapat meningkatkan mikrobioma mulut Anda, sehingga mulut Anda menjadi lebih sehat secara keseluruhan. “Ada sejumlah pilihan untuk apa yang kami sebut perawatan interdental, termasuk selotip, pick, dan sikat, dan pilihan benang gigi Anda dapat berdampak pada efektivitas, kenyamanan, dan kemudahan penggunaan, jadi penting untuk menemukan jenis benang yang tepat untuk gigi Anda,” kata Servo.

Baca Juga:Dari Yasser Arafat hingga Madonna: bagaimana keffiyeh Palestina menjadi simbol globalGempa Guncang Sukabumi Pagi Ini

“Menggunakan teknik yang tepat memastikan Anda menghilangkan kotoran secara efektif tanpa menyebabkan kerusakan pada gusi Anda,” tambahnya. “Gunakan gerakan maju mundur yang lembut dan hindari memasang benang gigi pada tempatnya, karena dapat membahayakan gusi Anda. Pastikan untuk membersihkan kedua sisi setiap gigi – dan jangan memaksanya. Jika Anda tidak membersihkan gigi secara teratur, gusi Anda mungkin awalnya berdarah karena peradangan atau radang gusi. Namun, membersihkan gigi dengan benang secara konsisten akan meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi pendarahan.”

Idealnya, Anda harus membersihkan gigi dengan benang setidaknya sekali sehari – konsistensi lebih penting daripada frekuensi, jadi pertimbangkan untuk menggabungkannya dengan aktivitas rutin harian lainnya, seperti mandi pagi atau buku audio malam. Dan ya, dokter gigi benar-benar dapat mengetahui apakah Anda melakukannya atau tidak. Jangan jadikan operasi gigi Anda menjadi rumah kebohongan. (*)

0 Komentar