Hamas Bebaskan 24 Sandera dengan Tukar 39 Tahanan Palestina

Hamas Bebaskan 24 Sandera dengan Tukar 39 Tahanan Palestina
Reaksi masyarakat saat mendengar berita pembebasan 13 sandera Israel yang ditahan oleh Hamas di jalur Gaza, di Tel Aviv, Israel, pada Jumat, 24 November 2023. (AP Photo/Ariel Schalit)
0 Komentar

HAMAS pada hari Jumat membebaskan 24 sandera yang telah disandera di Gaza selama berminggu-minggu, dan Israel membebaskan 39 warga Palestina dari penjara dalam tahap pertama pertukaran berdasarkan perjanjian gencatan senjata yang berlangsung selama empat hari.

Para sandera yang dibebaskan termasuk 13 warga Israel, 10 orang dari Thailand dan satu dari Filipina, menurut Qatar.

Perjanjian tersebut membuka jalan bagi bantuan yang sangat dibutuhkan untuk mengalir ke Gaza bagi warga yang terkepung. Ini juga merupakan momen harapan bagi keluarga-keluarga di Israel dan negara lain yang khawatir akan orang-orang terkasih mereka yang ditawan dalam serangan Hamas pada 7 Oktober, yang memicu perang.

Baca Juga:Jokowi Akui Peran Guru dalam Perjalanannya Menuju Kepresidenan‘Perang belum berakhir’: Israel memblokir kembalinya warga Palestina ke Gaza utara

Dengan dimulainya gencatan senjata pada Jumat pagi, 2,3 juta warga Palestina di Gaza menjadi tenang untuk pertama kalinya setelah tujuh minggu pemboman Israel tanpa henti, yang telah menewaskan ribuan orang, membuat tiga perempat penduduk Palestina meninggalkan rumah mereka dan meratakan sebagian besar wilayah pemukiman. Tembakan roket dari militan Gaza ke Israel juga tidak terdengar lagi.

Para sandera Israel yang dibebaskan termasuk delapan wanita – enam di antaranya berusia 70-an dan 80-an – dan tiga anak-anak. Pembebasan mereka disusul pada malam harinya dengan pembebasan para tahanan Palestina – 24 wanita, termasuk beberapa orang yang dihukum karena percobaan pembunuhan karena menyerang pasukan Israel, dan 15 remaja yang dipenjara karena pelanggaran seperti melempar batu.

Namun kegembiraan atas kesepakatan tersebut telah memudar — di kalangan warga Israel karena fakta bahwa tidak semua sandera akan dibebaskan, dan di kalangan warga Palestina karena singkatnya jeda tersebut. Gencatan senjata yang singkat ini akan membuat Gaza terperosok dalam krisis kemanusiaan dan berada di bawah ancaman bahwa pertempuran akan segera berlanjut.

Israel mengatakan gencatan senjata bisa diperpanjang jika lebih banyak sandera dibebaskan, namun Israel berjanji akan melanjutkan serangan besar-besaran setelah gencatan senjata berakhir. Hal ini mengaburkan harapan bahwa kesepakatan tersebut pada akhirnya dapat membantu meredakan konflik, yang telah memicu gelombang kekerasan di Tepi Barat yang diduduki dan menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya konflik yang lebih luas di Timur Tengah.

0 Komentar