Rusia Tawarkan Bantuan Indonesia Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Rusia Tawarkan Bantuan Indonesia Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir
Presiden Joko “Jokowi” Widodo bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin tepat sebelum jamuan makan malam penyambutan Forum Belt and Road di Beijing pada 17 Oktober 2023. (Foto milik Biro Pers Kepresidenan)
0 Komentar

Rusia bermaksud membantu pengembangan pembangkit listrik tenaga nuklir. Mereka juga dapat memanfaatkan keahliannya untuk melatih tenaga kerja Indonesia dalam mengoperasikan teknologi tersebut.

“Tetapi terserah pada pemerintah Indonesia untuk memutuskan. … Dari pemahaman saya, Indonesia hanya mempertimbangkan opsi [pemanfaatan pembangkit listrik tenaga nuklir, termasuk kerja sama] dengan negara lain, bukan hanya Rusia. … Jika pemerintah Anda akhirnya memutuskan [untuk benar-benar mengadopsi pembangkit listrik tenaga nuklir], kami siap,” kata Vorobieva.

Data pemerintah menunjukkan investasi Rusia di Indonesia berjumlah $78,2 juta dalam 9 bulan pertama tahun 2023. Investasi langsung Rusia mencapai 3,255 proyek. Perdagangan Rusia-Indonesia berjumlah $3,6 miliar pada tahun 2022. Perdagangan dua arah telah mencapai $2,5 miliar pada Januari-September. (*)

0 Komentar