10 Negara dengan Wajib Militer

10 Negara dengan Wajib Militer
0 Komentar

WAJIB militer adalah wajib militer yang diwajibkan negara bagi warga negara untuk bertugas di militer guna melindungi negara mereka. Menurut World Population Review, wajib militer masih dilakukan setidaknya di 86 negara di seluruh dunia.

Tidak hanya untuk keamanan nasional tetapi juga memiliki fungsi politik, seperti mengatasi pengangguran, membangun identitas nasional, atau membangun kontrol teritorial.

Berikut sepuluh negara yang memerlukan wajib militer, seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Korea Utara

Baca Juga:Keluarga Ungkap 5 Poin Unsur Kesengajaan dan Perencanaan Tewasnya Bripda IDFWakil Kapolri Bantah Prasangka Kematian Bripda IDF Serupa dengan Kasus Ferdy Sambo

Menurut Atlas Dunia, baik laki-laki maupun perempuan diwajibkan untuk bertugas di militer, dengan laki-laki bertugas selama sepuluh tahun dan perempuan selama lima tahun. Pada tahun 2015, perempuan di Korea Utara harus bertugas di militer setelah lulus sekolah menengah hingga mereka mencapai usia 23 tahun. Korea Utara memiliki salah satu angkatan bersenjata terbesar di dunia dengan 6.455.000 tentara.

2. Israel

Israel telah menjadi pionir dalam wajib militer selama beberapa dekade. Wajib bagi pria dan wanita, tidak termasuk wanita menyusui dan wanita hamil. Ada beberapa orang yang dikecualikan dari dinas militer karena afiliasi agama mereka.

3. Norwegia

Norwegia memiliki sejarah wajib militer yang menarik. Dulunya wajib hanya bagi laki-laki berusia antara 19 dan 44 tahun. Pada tahun 2016, parlemen Norwegia mengesahkan undang-undang yang memasukkan perempuan ke dalam dinas militer untuk meningkatkan kesetaraan gender.

4. Rusia

Wajib militer sudah ada di Rusia sejak zaman Kekaisaran Rusia di bawah kepemimpinan Dmitry Milyutin pada tahun 1874. Sejak itu, wajib militer wajib bagi warga negara laki-laki selama 12-18 bulan dengan batasan usia 27 tahun.

5. Korea Selatan

Mengutip repositori.uksw.edu, wajib militer di Korea Selatan memiliki sejarah panjang dan merupakan salah satu sistem pertahanan nasional paling dasar di negara tersebut. Pada tanggal 15 Agustus 1948, setelah berdirinya pemerintahan sah pertama, Korea Selatan menetapkan kebijakan yang mewajibkan warganya menjadi tentara untuk pertahanan negara.

6. Thailand

Wajib militer di Thailand dilaksanakan selama 24 bulan bagi pria yang dipilih melalui undian pada usia 21 tahun, kecuali mereka memang ingin menjadi sukarelawan, menurut The Thailand Life. Hal ini diatur dalam Undang-Undang Dinas Militer Thailand tahun 1954.

0 Komentar