El Nino Berpotensi Ganggu Harga Pangan, Ini Skenario Sri Mulyani Selamatkan Indonesia

El Nino Berpotensi Ganggu Harga Pangan, Ini Skenario Sri Mulyani Selamatkan Indonesia
Menteri Keuangan Sri Mulyani Saat Rapat Paripurna DPR RI Ke-7 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023. (Tangkapan Layar Youtube DPR RI)
0 Komentar

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan El Nino atau kemarau panjang dan penangguhan Kesepakatan Biji-bijian Laut Hitam (Black Sea Grain Initiatives) berisiko meningkatkan harga pangan di Tanah Air.

El Nino berpotensi menganggu produksi beras sebesar 1,2 juta ton, dari proyeksi produksi beras 34 juta ton. Sementara itu, Black Sea Grain Initiatives, imbas dari perang Rusia dan Ukraina, akan berpengaruh terhadap Indonesia karena bahan pangan masih dipengaruhi oleh produk pangan, seperti gandung hingga biji bunga matahari.

“Pada paruh kedua tahun ini kita akan sangat dipengaruhi ketidakpastian dari komoditas, hampir mirip seperti 2022, ditambah dengan nanti El Nino, ini menjadi sesuatu yang harus kita waspadai pada paruh kedua 2023 ini,” kata Sri Mulyani dalam acara Penyerahan Insentif Fiskal Kinerja Pengendalian Inflasi Daerah di Jakarta, dikutip Kamis (3/8/2023).

Baca Juga:Ahli Iklim Dunia Sebut Suhu Panas di Bumi Pecahkan RekorDisebut Sumber Gempa Cianjur, BMKG dan BRIN Beda Analisis Soal Sesar Cugenang

Permasalahan itu akan berpengaruh terhadap Indonesia karena bahan pangan Indonesia masih dipengaruhi oleh produk panganan yang termasuk dalam Black Sea Grain Initiatives, seperti gandung hingga biji bunga matahari.

Sri Mulyani yakin berbagai komoditas yang terkait dengan perjanjian itu akan mengalami lonjakan harga seperti pada 2022, di antaranya yang paling terhubung dengan Indonesia adalah minyak mentah kelapa sawit atau CPO yang berimplikasi langsung ke harga minyak goreng.

“Fenomena global akan mempengaruhi dan merembes ke seluruh negara di dunia, termasuk di Indonesia yang harus kita waspadai,” tegas Sri Mulyani

Lantas apa saja antisipasi pemerintah?

Sri Mulyani mengumumkan bahwa pemerintah akan memberikan insentif fiskal sebesar Rp 330 miliar bagi daerah yang sukses mengendalikan inflasi. Insentif fiskal ini akan diberikan sebanyak tiga kali sehingga totalnya mencapai Rp 1 trilliun pada tahun ini.

“Pemberian hadiah untuk insentif fiskal ini diharapkan makin memfokuskan daerah-daerah dalam penanganan inflasi terutama antifipasi El Nino, musim kering dan berbagai risiko sehingga kita minta daerah tetap waspada inflasi terutama dari yang berasal non-moneter dan non-core inflation,” ungkap Sri Mulyani.

Sebelumnya, Sri Mulyani telah memastikan penyaluran bantuan sosial atau bansos pangan, berupa beras akan dilanjutkan pada akhir tahun ini.Dia mengungkapkan bantuan ini akan diberikan kepada 21,35 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

0 Komentar