Prabowo Subianto Teratas di Survei Indikator, Bagaimana Nasib Ganjar dan Anies?

Prabowo Subianto Teratas di Survei Indikator, Bagaimana Nasib Ganjar dan Anies?
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menghadiri dan berkenan memberikan pidato dalam acara PKB Road To Election 2024 di Tenis Indoor Senayan Jakarta, Minggu (30/10/2022).
0 Komentar

Elektabilitas bacapres Prabowo Subianto berada di posisi teratas dalam Lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI). Prabowo mengalahkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Dalam simulasi 3 nama capres survei terbaru IPI yang dirilis Minggu (23/7), Prabowo Subianto meraih elektabilitas 36,8 persen, Ganjar Pranowo 35,7 persen, Anies Baswedan 21,5 persen. Sedangkan tidak jawab 6,1 persen.

Responden diberi pertanyaan ‘Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai presiden di antara nama-nama berikut?’. 

Baca Juga:Balon Cawapres Ganjar Pranowo, Puan Maharani: Ada 5 Nama Salah Satunya Cak IminBegini Alasan Panji Gumilang Cabut Gugatannya ke Mahfud MD

“Jadi sampai 3 nama perbedaan Ganjar dan Prabowo Subianto masih neck to neck meskipun Prabowo unggul tapi keunggulannya tipis. Dan Anies di peringkat ketiga 21,5% selisih kurang lebih 14% dibanding Ganjar,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam paparannya secara virtual, Minggu (23/7).

Selain itu, Burhanuddin memaparkan tren basis capres menurut basis Pilpres 2019 yakni Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Hasilnya tren dukungan basis Jokowi paling banyak mendukung Ganjar.

Prabowo Subianto 28,5 persen, dan Anies Baswedan 14,0 persen.

Sedangkan, di basis Prabowo-Sandiaga, Prabowo mendapat angka 51,6 persen,

Anies Baswedan 41,0 persen, dan Ganjar Pranowo 5,9 persen.

Survei ini digelar pada 20-24 Juni 2023 terhadap 1.220 responden. Responden diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Pemilihan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. Adapun margin of error survei +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%. (*)

0 Komentar