Elon Musk Bekukan Layanan Berbayar, Twitter Blue

Elon Musk Bekukan Layanan Berbayar, Twitter Blue
Profil Twitter Elon Musk terlihat pada smartphone yang ditempatkan pada logo Twitter yang dicetak dalam ilustrasi gambar ini diambil 28 April 2022. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration (REUTERS/DADO RUVIC)
0 Komentar

DALAM upayanya mencegah penyimpangan yang lebih jauh, Twitter di bawah kepemilikan Elon Musk membekukan layanan berbayar, Twitter Blue. Termasuk di dalamnya adalah soal label centang biru yang layanannya belum sampai berusia seminggu.

Twitter sebelumnya memungkinkan setiap pengguna yang berbayar langsung mendapatkan tanda akun terverifikasi tersebut. Namun, seperti diketahui, sejumlah akun berbayar kemudian menguji dan membuktikan kalau layanan yang diberikan itu mudah dimanfaatkan untuk membuat akun palsu.

Akun palsu Elon Musk termasuk yang kemudian banyak bermunculan. Hal itu karena, hanya dengan berlangganan, prosedur verifikasi akun menjadi sangat longgar.

Baca Juga:Apa Hubungan Hasil Penjualan Mobil dengan Kasus Sekeluarga Tewas di Kalideres?Justin Trudeau Mengeluh Soal Dugaan Intervensi China, Xi Jinping: Semua yang Kita Diskusikan Bocor ke Surat Kabar, Itu Tidak Pantas

Kebijakan terbaru, menghentikan sementara layanan Twitter Blue, diambil pada Jumat lalu. Elon Musk telah pada akhirnya memberikan konfirmasi akan meluncurkan ulang layanan centang biru pada 29 November 2022.

“Untuk memastikannya benar-benar solid,” cuit Elon Musk lewat akun pribadinya, Rabu 16 November 2022.

Twitter Blue adalah layanan Premium yang berlaku jika pengguna berlangganan US$5 per bulan dengan sejumlah keuntungan seperti edit postingan dan menjadwalkan jam tayang sebuah unggahan. Belakangan, setelah akuisisi, Elon Musk menaikkan biaya berlangganan itu menjadi $8.

Tambahan manfaat yang ditawarkan adalah akun si pengguna bisa langsung terverifikasi–sebuah fitur yang sebelumnya diberikan hanya kepada akun-akun politikus, selebritas, jurnalis, media dan entitas berprofil tinggi lainnya.

Elon Musk tidak menjelaskan bagaimana Twitter berupaya menghentikan akun-akun palsu bermunculan selama pembekuan Twitter Blue dan centang biru itu. (*)

0 Komentar