Buku yang Membedah Peristwa 30 September

Buku yang Membedah Peristwa 30 September
0 Komentar

Sjam (Lelaki dengan Lima Alias)

Buku ini merupakan buku yang disusun oleh tim Tempo, mengungkap tokoh lain di balik peristiwa G30S yaitu, Sjam Ali Kamaruzaman. Sjam merupakan penduduk asli Tuban, Jawa Timur, dia seorang atheis yang dikenal baik dalam membaca Al Quran. Selain itu, Sjam juga dikenal memiliki banyak nama.

Sjam baru muncul di depan publik dua tahun setelah peristiwa 1965 itu terjadi. Dia menjadi saksi dalam pengadilan Sudisman, Sekjen Partai Komunis Indonesia.

Bung Karno, Nawaksara, dan G30S

Buku yang terdiri dari 135 halaman ini dicetak pada 2017. Mengutip opac.perpusnas.go.id, buku ini menceritakan bagaimana peristiwa terjadi pada 1965 yang sampai kini masih menyimpan teka-teki.

Baca Juga:Peristiwa Kelam Pembunuhan 6 Jenderal 1 Letnan Satu: G30S, Gestapu, Gestok, dan G30S/PKIIDI Protes DPR Tak Libatkan Proses Penyusunan RUU Kesehatan

Meski fakta bahwa diculiknya para jenderal kemudian dibalas dengan pembantaian terhadap keluarga dan simpatisan PKI sudah jelas, namun masih ada misteri yang mengganjal pemikiran. Salah satunya ialah siapa yang kiranya menjadi dalang dibalik kelompok perwira progresif revolusioner yang membunuh jenderal-jenderal Angkatan Darat.

Lebih lanjut dalam buku ini dijelaskan muncul banyak versi siapa otak dibalik Gerakan 30 September 1965 atau G30S. Dimuat juga kumpulan pernyataan resmi dari Sukarno terkait G30S serta pernyataan yang disampaikan secara informal.

Selain buku-buku di atas, ada juga buku lainnya seperti Kudeta 1 Oktober 1965, Menangkal Kebangkitan PKI, Kabut G30S, Pleidoi Kolonel A Latif, Sarwo Edhie dan Peristiwa 1965, Njoto, G30S dan Asia, dan masih banyak lagi.

Itulah daftar buku-buku yang membahas seputar peristiwa G30S yang bisa Anda baca. (*)

0 Komentar