Lolos Putaran Final Piala Asia U-20 2023, Indonesia Tundukkan Vietnam 3-2

Lolos Putaran Final Piala Asia U-20 2023, Indonesia Tundukkan Vietnam 3-2
Selebrasi Marselino Ferdinan pada laga timnas U-20 Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (PSSI)
0 Komentar

TIMNAS U-20 Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 setelah menundukkan Vietnam 3-2 dalam babak Kualifikasi Grup F di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022) malam.

Berkat kemenangan ini Indonesia pun menjadi juara Grup F dengan koleksi 9 poin dan berhak lolos ke putaran final Piala Asia 2023 yang akan digelar Uzbekistan tahun 2023. Sementara Vietnam yang menempati posisi kedua masih harus menunggu nasib untuk menjadi salah satu runner-up terbaik.

Gol-gol kemenangan Indonesia dilesakkan Marselino Ferdinan, Muhammad Ferarri, dan Rabbani Tasnim. Sementara gol balasan Vietnam dicetak Nguyen Thanh Nhan dan Tran Ngọc Sơn.

Baca Juga:Azrul Ananda Mundur dari Persebaya, Bonek: Kami Menolak, Pak!Bonek Rusuh Persebaya Dipecundangi Rans Nusantara FC 1-2

Pelatih Timnas U-20 Indonesia, Shin Tae-yong mengusung formasi 4-4-2. Dia menurunkan penjaga gawang Aditya Arya menggantikan Cahya Supriadi yang cedera.

Hokky Caraka dan Ronaldo Kwateh menjadi duet di lini depan. Duet ini didukung barisan gelandang yang terdiri dari Ginanjar Wahyu, Dimas Pamungkas, Arkhan Fikri, dan Zanadin Fariz. Sementara barisan belakang dikawal Frengky Missa, Kakang Rudianto, Muhammad Ferarri, dan Robi Darwis.

Tampil mengenakan kostum merah-merah, Indonesia sudah menekan sejak awal pertandingan. Menit keempat pasukan Shin Tae-yong membuat peluang di depan gawang Vietnam. Hokky Caraka mendapat sodoran tepat di depan gawang Vietnam. Dia berupaya memberi umpan kepada tandemnya Ronaldo Kwateh. Namun bola lebih cepat dihalau pemain belakang Vietnam.

Vietnam menerapkan permainan sedikit lebih keras dibanding biasanya. Permainan itu sempat memicu keributan antarpemain pada menit ke-14. Kapten Timnas U-20 Indonesia, Muhammad Ferarri, harus ditenangkan rekan-rekannya karena terlihat ngotot memprotes.

Indonesia mendapat dua peluang pada menit ke-14 dan 16. Namun kesigapan kiper Cao Văn Bình menyelamatkan bola membuat gawangnya tetap aman.

Permainan operan satu-dua yang diperagakan Timns U-20 Indonesia kerap membuat pemain Vietnam kelabakan. Namun kegagalan dalam menuntaskan penyelesaian akhir membuat Ferari dan kawan-kawan gagal mecetak gol.

Vietnam memiliki peluang lewat serangan balik. Striker Nguyen Quoc Viet melepaskan tendangan dari luar kotak penalti namun bola lewat di atas mistar gawang.

0 Komentar