Fakta Seputar Ratu Elizabeth II yang Jarang Diketahui Publik

Fakta Seputar Ratu Elizabeth II yang Jarang Diketahui Publik
Ratu Elizabeth II (Twitter The Royal Family)
0 Komentar

DUKA menyelimuti Inggris usai kepergian Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9). Banyak kenangan tak terlupakan dari ratu yang telah memerintah Kerajaan Inggris selama 70 tahun. Mungkin ada sederet fakta yang selama ini tak Anda sadari tentangnya.

Meski lama bertakhta, tak banyak yang diketahui publik mengenai ratu mereka. Sebenarnya ini sangat wajar di kalangan anggota keluarga kerajaan. Pun Ratu Elizabeth II jarang melayani wawancara. Ia hanya terlihat dekat dengan anjing corginya serta topi yang tak pernah absen dalam tiap penampilan.

Oleh karenanya, berikut beberapa fakta seputar Ratu Elizabeth II yang mungkin jarang diketahui publik.

Rayakan ultah dua kali setahun

Baca Juga:Istana Sebut Aparat Buru Hacker, Bjorka: Semua Masih Bingung Harus Mulai dari ManaMitos Berlian Mahkota Ratu Elizabeth II

Ratu lahir pada 21 April 1926. Namun ia merayakan ulang tahun dua kali di tanggal lahir sesuai ‘akta kelahiran’ dan tanggal lahir resmi kerajaan. Tradisi pemberian tanggal lahir resmi dilakukan sejak 273 tahun lalu.

Ulang tahun resmi Ratu dirayakan satu negara dengan parade tahunan Trooping the Colour setiap Juni. Parade besar-besaran ini kali pertama dieksekusi saat perayaan ulang tahun Raja George II pada 1683.

Tidak punya paspor

Ratu Elizabeth II sudah ‘travelling’ setidaknya ke 260 negara sejak naik takhta. Meski bepergian ke luar negeri, ternyata Ratu tidak memiliki paspor. Kok bisa begitu?

Seperti dilansir dari laman resmi Kerajaan Inggris, paspor Inggris dikeluarkan atas nama Ratu sehingga Ratu tidak perlu memilikinya. Namun hak istimewa ini tidak dimiliki anggota keluarga kerajaan lain termasuk Pangeran Philip dan Pangeran Charles.

‘Tampil’ di 100 film dan serial televisi

Setidaknya ada sekitar 100 film dan serial televisi yang menampilkan ‘Ratu Elizabeth II’. Tentu saja ada sekian banyak aktris yang memerankan sang Ratu dari berbagai usia.Aktris Olivia Colman memerankan Ratu Elizabeth II selama dua musim di serial Netflix ‘The Crown’. Pada Radio Times ia mengungkapkan peran ini adalah yang tersulit yang pernah ia ambil sebab “di balik pintu tertutup, kita tidak tahu dia seperti apa.”

Jadi saksi era kekuasaan 15 perdana menteri Inggris

Selama tujuh dekade memimpin Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II sudah menemui 15 perdana menteri Inggris. Dari era Winston Churchill sampai Theresa May semua dialami sang Ratu.

0 Komentar