Ikan Dewa yang Dibawa Para Murid Wali Songo ke Cibulan, Mati Mendadak dalam Jumlah Besar Lalu Dikafani dan Diazani

Ikan Dewa yang Dibawa Para Murid Wali Songo ke Cibulan, Mati Mendadak dalam Jumlah Besar Lalu Dikafani dan Diazani
Penampakan ikan dewa yang mati massal di Cibulan, Kuningan, Jawa Barat. (Foto: dok. Istimewa)
0 Komentar

WARGA Kabupaten Kuningan dibuat heboh dengan matinya ikan dewa yang ada di objek Wisata Cibulan, Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana. Tidak hanya satu, ikan dewa yang mati mendadak tersebut jumlahnya banyak.

Video dan foto yang menunjukkan matinya ikan-ikan dewa tersebut beredar di sosial media, salah satunya di grup facebook ‘Maniskidul’ yang diunggah oleh akun CW.

Dilihat delik.news pada Rabu (31/8/2022), dalam video itu terlihat ikan dewa berukuran besar telah mati dan tampak masih berada di dalam air. Ada juga ikan yang sudah diangkat dan dijejerkan di atas tanah.

Baca Juga:Timsus Polri Ungkap 6 Perwira Tersangka Obstruction of Justice Pembunuhan Brigadir JTerungkap Isi Komunikasi Antara Lin Che Wei dengan Mantan Mendag

Selain itu, ada juga orang yang terlihat sedang menguburkan ikan dewa itu. Ikan dewa tersebut dikuburkan dengan diselimuti kain putih dan diazani layaknya manusia.

Pengelola Wisata Cibulan, H Didi mengatakan jika pihaknya belum bisa memberikan keterangan apapun terkait peristiwa tersebut.

“Kita tidak bisa berstatment apapun kecuali setelah ada kejelasan lab,” jelas Didi dalam keterangannya kepada wartawan.

Kemudian, Didi juga memastikan ika Ikan Dewa yang bertahan di kolam yang sama masih sangat banyak. Saat ini kolam sudah dikuras terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya. “Ini musibah, tidak ada yang tahu,” tegasnya.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, Hermansyah menjelaskan, kemungkinan penyebab matinya Ikan Dewa itu karena perbuahan parameter air yang mendadak.

“Prakiraan penyebab mungkin karena ada fluktuasi parameter air yang mendadak, atau pemberian makanan oleh pengunjung, atau karena zat tertentu lainnya yang ada dalam air pada saat terjadi kematian,” kata Hermansyah, Rabu, 31 Agustus 2022.

Dari hasil pengecekan kualitas air di Objek Wisata Cibulan, hasilnya jika kualitas air memenuhi syarat untuk budi daya ikan tersebut.

Baca Juga:Berikut Peran Lin Che Wei dalam Kasus Korupsi Minyak GorengMantan Mendag Muhammad Lutfi Disebut Jaksa dalam Kasus Korupsi Minyak Goreng, Begini Perannya

“Saat ini sudah dikirimkan sampel ikan yang mati ke BKIPM Cirebon untuk diuji lebih lanjut dan belum ada informasi hasil pengujiannya. Sementara mungkin itu informasi yang didapatkan, apabila ada informasi terbaru akan dikabari secepatnya,” tukas Hermansyah.

Melansir laman resmi Desa Maniskidul, konon Ikan Dewa ini dari dulu hingga sekarang jumlahnya tidak berkurang maupun bertambah.

0 Komentar