Platform Content Creator Indonesia TipTip Diluncurkan, Bisa Bantu Kreator Monetize Konten Tanpa Audiens yang Besar

Platform Content Creator Indonesia TipTip Diluncurkan, Bisa Bantu Kreator Monetize Konten Tanpa Audiens yang Besar
TipTip, sebuah platform terpadu untuk content creator di wilayah Asia Tenggara secara resmi diluncurkan di Sheraton Gandaria City, Jakarta, Rabu (13/7/2022)
0 Komentar

TIP TIP, sebuah platform terpadu untuk konten kreator di wilayah Asia Tenggara, pada Rabu, 13 Juli, secara resmi hadir untuk publik melalui acara Grand Launch yang dilaksanakan di Sheraton Gandaria City, Jakarta. Melalui kegiatan ini, TipTip turut memperkenalkan Triawan Munaf, selaku Presiden Komisaris TipTip.

Albert Lucius, Founder TipTip, menjelaskan besarnya potensi dari ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia dan bagaimana TipTip hadir sebagai platform untuk mendukung konten kreator Indonesia untuk terus berkarya dan memanfaatkan peluang tersebut. Terlebih, TipTip hadir dengan peluang monetisasi untuk para konten kreator, tanpa memerlukan audiens yang besar.

“Kami menyadari besarnya peluang yang belum tersalurkan dari para pelaku konten kreator di Indonesia. Kita memiliki berbagai talent dan konten berkualitas, sayangnya komunitas lokal belum berkembang sepenuhnya karena sulitnya membangun target audiens,” kata Albert.

Baca Juga:Psikolog Ungkap Kondisi Terkini Istri Kadiv Propam Irjen Ferdy SamboPolri Tegaskan Tak Ada Perbedaan Informasi Soal Tewasnya Brigadir J yang Jadi Sorotan

Albert melanjutkan, bahwa TipTip hadir sebagai platform untuk menghubungkan para konten kreator dan fansnya, dan secara bersamaan menghadirkan kesempatan monetisasi secara langsung tanpa perlunya audiensi yang besar.

“Kami harap TipTip dapat membuka peluang para konten kreator di Indonesia untuk terus berkarya dan berkembang di tengah pesatnya kemajuan ekonomi kreatif di Indonesia,” tambahnya.

TipTip hadir untuk mengisi kesenjangan akan beberapa fitur penting yang dihadapi oleh kreator konten di negara-negara berkembang di wilayah Asia Tenggara, seperti kurangnya peluang monetisasi, pembayaran lokal & integrasi KYC (Know-your-customer) yang terbatas, serta tantangan terkait pembuatan & distribusi konten melalui perangkat smartphone.

Pertumbuhan konten kreator di Indonesia mengalami pertumbuhan yang besar, di mana pasar industri ini di Indonesia diprediksi mencapai 4 triliun hingga 7 triliun rupiah pada waktu mendatang Berdasarkan Opus Creative Economy Outlook 2020, sektor ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar 1,1 triliun rupiah terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) indonesia dan menyerap 17 juta tenaga kerja.

Mengomentari data tersebut. Triawan Munaf menjelaskan peranan dari TipTip sebagai platform yang berkontribusi pada pertumbuhan industri, terutama sebagai pemain lokal yang mengerti secara detail berbagai tantangan yang dihadapi oleh konten kreator di Indonesia. Sebagai platform buatan anak bangsa, TipTip diyakini akan menjadi solusi untuk masyarakat untuk terus berkarya dan memanfaatkan besarnya peluang industri ekonomi kreatif.

0 Komentar