Berukuran 4 Meter Berat 300 Kg, Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia Tertangkap di Sungai Mekong

Berukuran 4 Meter Berat 300 Kg, Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia Tertangkap di Sungai Mekong
Ikan air tawar terbesar di dunia.(AP)
0 Komentar

SEORANG nelayan berhasil menangkap ikan air tawar, pari raksasa yang mencatat rekor terbesar di dunia.

Penangkapan di selatan Stung Treng di Sungai Mekong di timur laut Kamboja mengagetkan warga setempat.

Dilansir Khaleej Times, ikan pari, yang ditangkap pada 13 Juni lalu, berukuran hampir empat meter (13 kaki) dari moncong ke ekor.

Baca Juga:KSP Buka Pendaftaran Sekolah Staf Presiden, Ini Jadwal dan SyaratnyaHasil Survei LSI Denny JA: Ganjar Pranowo Bisa Jadi Ketum PDIP Jika Jadi Presiden

Beratnya sedikit di bawah 300 kilogram, menurut sebuah pernyataan pada hari Senin (20/6/2022) oleh Wonders of the Mekong, sebuah proyek penelitian bersama Kamboja-AS.

Wonders of the Mekonh menyebut, Ikan pari raksasa. Rekor sebelumnya untuk ikan air tawar yang tertangkap adalah ikan lele raksasa Mekong seberat 293 kg di Thailand pada tahun 2005.

Bentuknya yang bulat, membuat orang-orang menamainya Boramy, yang berarti bulan purnama dalam bahasa Khmer. Dibutuhkan sekitar 12 orang untuk mengangkatnya ke daratan.

Pimpinan Wonders of the Mekong, Zeb Hogan dalam sebuah wawancara online dari Universitas Nevada di Reno, mengatakan “Ketika Anda melihat ikan ukuran ini, terutama di air tawar, sulit untuk dipahami, jadi saya pikir semua tim kami tercengang,” katanya.

Ikan air tawar didefinisikan sebagai ikan yang menghabiskan seluruh hidupnya di air tawar.

Berbeda dengan spesies laut raksasa seperti tuna sirip biru dan marlin, atau ikan yang bermigrasi antara air tawar dan air asin seperti beluga sturgeon.

“Fakta dengan jalur air yang menghadapi banyak tantangan lingkungan, ikan masih bisa tumbuh sebesar ini, adalah tanda harapan untuk Sungai Mekong,” kata Hogan.

Baca Juga:Paris Saint-Germain dengan Mauricio Pochettino Berpisah, Siapa PenggantinyaPenembakan Brutal di Pabrik Smithsburg, 3 Tewas

Sungai Mekong mengalir melalui Cina, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, dan Vietnam.

Mekong adalah rumah bagi beberapa spesies ikan air tawar raksasa yang menghadapi kepunahan. (*)

0 Komentar