Dari Satu Sel Terbentuk Kerangka Tubuh, Sederet Fakta Aneh yang Mungkin Anda Perlu Tahu

Dari Satu Sel Terbentuk Kerangka Tubuh, Sederet Fakta Aneh yang Mungkin Anda Perlu Tahu
Ilustrasi
0 Komentar

Kotoran berbentuk cairan saat dalam pencernaanMakanan memasuki tubuh berbentuk padat dan meninggalkannya dalam bentuk padat juga. Kenyataannya, makanan tersebut menghabiskan sebagian besar waktu di antaranya sebagai cairan. Pengandaian yang tepat adalah bayangkan lambung adalah kolam asam dan usus kecil adalah pipa kecil. Tidak ada hamburger padat yang masuk ke pipa kecil. Di akhir perjalanan makanan, sebagian besar air diserap kembali ke dalam tubuh, pada akhirnya meninggalkan limbah padat.

Air liur selama 1 tahun cukup untuk mengisi bak mandiTubuh menghasilkan banyak cairan. Jika ditanya berapa banyak? Jawabannya sangat banyak. Manusia menghasilkan 0,7 liter air liur per hari. Selama setahun, Anda bisa mengisi 1-2 bak mandi. Sementara itu, manusia kentut antara 15-25 kali per hari dan volume totalnya bisa mencapai 1,8 liter. Ukuran ini cukup untuk mengisi balon kecil. Anda menghasilkan sekitar 1,5 liter lendir setiap hari, tetapi tidak semuanya di hidung. Lendir juga melapisi area lain seperti paru-paru. Fakta unik lain, sebagian besar lendir yang diproduksi di hidung Anda telan.

Gaya gravitasi membuat orang lebih pendekGravitasi benar-benar menahan tubuh. Ketika astronot Scott Kelly kembali dari luar angkasa, dia 5 cm lebih tinggi dari saudara kembarnya. Sebagian besar orang sedikit lebih tinggi di pagi hari daripada di pengujung hari.

Baca Juga:Nama Desa di Pemalang Ini Punya 3 Versi, Ada yang Bikin Orang TergelitikRusia Siap Buka Koridor Kemanusiaan Bagi Pengiriman Pangan dari Ukraina, Ini Syaratnya

Gigi bukan tulangMeskipun mirip tulang, gigi sebenarnya bukan tulang sama sekali. Gigi memiliki lapisan yang disebut email atau zat terkeras dalam tubuh manusia, terbuat dari dentin di bawahnya dan memiliki pulpa yang penuh dengan saraf dan pembuluh darah di bagian dalam. Tulang, sebaliknya, memiliki sumsum lemak dan/atau sesuatu yang disebut spons tulang di bagian dalam dan bagian luar tulang dilapisi membran. Tulang penuh dengan kolagen dan pembuluh darah, sementar gigi yang keras tidak memiliki keduanya. (*)

0 Komentar