Dari Satu Sel Terbentuk Kerangka Tubuh, Sederet Fakta Aneh yang Mungkin Anda Perlu Tahu

Dari Satu Sel Terbentuk Kerangka Tubuh, Sederet Fakta Aneh yang Mungkin Anda Perlu Tahu
Ilustrasi
0 Komentar

MANUSIA bermula hanya dari satu sel, kemudian terbentuk rangka tubuh dengan sel yang tak terhitung jumlahnya. Keunikan tubuh manusia tak hanya sampai di situ, masih banyak yang lainnya.

Berikut 14 fakta aneh dan unik tubuh manusia yang mungkin baru Anda tahu.

Bayi punya lebih banyak tulangManusia dewasa memiliki jumlah tulang sekitar 206 buah. Banyak tulang kecil yang mungkin membuat bingung seperti sesamoid di sendi jari. Bayi rata-rata memiliki sekitar 300 tulang karena tulang pada orang dewasa sebenarnya adalah beberapa tulang yang terpisah. Saat baru lahir, tengkorak bayi masih lemah terutama bagian ubun-ubun. Tengkorak tersebut masih menjadi tulang rawan yang belum menyatu dengan tengkorak.

Baca Juga:Nama Desa di Pemalang Ini Punya 3 Versi, Ada yang Bikin Orang TergelitikRusia Siap Buka Koridor Kemanusiaan Bagi Pengiriman Pangan dari Ukraina, Ini Syaratnya

Manusia menyala dalam gelap meski sedikitIstilah bioluminesens sudah akrab dan tampak pada beberapa tumbuhan dan hewan yang berada di laut dalam seperti anglerfish. Manusia juga dapat menyala dalam kegelapan karena adanya emisi biofoton. Reaksi kimia dalam sel membuang sejumlah kecil cahaya yang dapat ditangkap dengan kamera ultrasensitif. Sayangnya, Anda tidak dapat melihat cahaya ini dengan mata telanjang.

Usus buntu ternyata ada gunanyaUsus buntu yang kerap kali dibuang melalui operasi sering ditanya apa fungsinya? Organ ini berperan dalam sistem imun. Pemikiran sementara yang mungkin adalah usus buntu menjadi tempat penyimpanan bakteri baik di usus.

Merinding bukan berarti ada hantu, tapi respons untuk menghangatkan tubuhBulu kuduk yang berdiri merupakan respons tubuh untuk menjebak udara di bawahnya agar Anda tetap hangat. Itu tidak bekerja dengan baik, tentu saja karena kita tidak memiliki banyak bulu. Jika dilihat lebih dekat, ada otot kecil, arrector pili (penjaga rambut) yang berkontraksi untuk menarik bulu ke atas.

Bernapas dengan satu lubang hidungSaat pilek dan hidung tersumbat, Anda mungkin memperhatikan hanya satu lubang hidung yang berfungsi. Hidung yang tersumbat akan berubah sepanjang hari, kanan atau kiri. Hal itu karena kita hanya bernapas melalui satu lubang hidung pada satu waktu, bahkan saat sehat. Lubang hidung yang tersumbat adalah yang kebetulan sedang beristirahat. Proses ini disebut siklus hidung dan Anda bisa membuktikannya sendiri dengan meletakkan tangan di bawah hidung. Anda mungkin akan merasakan napas lebih di satu sisi daripada yang lain. Jika merasakan di keduanya, Anda telah menangkap siklus selama transisi. Tunggu sebentar dan rasakan lagi.

0 Komentar