Apple Umumkan Penghentian Produksi iPod Setelah 21 Tahun

Apple Umumkan Penghentian Produksi iPod Setelah 21 Tahun
Dalam file foto dokumentasi pada 21 Juli 2004, seorang model menunjukkan model terbaru Apple iPod selama konferensi pers di Hong Kong.
0 Komentar

APPLE mengumumkan penghentian produksi iPod, pemutar MP3 setelah 21 tahun pada Selasa (10/5/2022). Seperti dilaporkan AFP, iPod menjadi penentu tren yang mengubah cara orang mendapatkan musik dan memunculkan iPhone.

Mendiang salah satu pendiri Apple Steve Jobs memperkenalkan perangkat tersebut hampir 21 tahun lalu yang mampu memainkan pertunjukannya yang legendaris. Perangkat ini mudah dioperasikan membantu perusahaan merevolusi cara penjualan musik.

“iPod dapat mengemas 1.000 lagu yang menakjubkan” kata perusahaan pada saat itu, dan bersama dengan toko iTunes Apple membentuk model distribusi baru untuk industri musik.

Baca Juga:Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani Tuduh Israel Terlibat Kematian Jurnalis Al Jazeera Shireen Abu AklehDisambut Joe Biden di Gedung Putih, Jokowi: Kemitraan Sangat Penting di Tengah Ketidakpastian Dunia

Membeli album lengkap di vinyl memberi jalan untuk membayar 99 sen sepotong untuk lagu digital yang dipilih. Pelacak industri dan Apple yang berbasis di California sendiri telah lama mengakui bahwa iPhone do-it-all akan menggerogoti penjualan perangkat satu trik seperti pemutar iPod MP3.

Tren layanan streaming musik, termasuk yang dibuat oleh Apple, telah membuat perangkat yang dirancang hanya untuk membawa lagu digital menjadi kurang menarik bagi konsumen.

Dalam satu posting blog, Apple menyatakan bahwa generasi iPod saat ini hanya akan tersedia selama persediaan saat ini masih ada.

“Musik selalu menjadi bagian dari inti kami di Apple, dan membawanya ke ratusan juta pengguna seperti iPod yang berdampak lebih dari sekedar industri musik. Ini juga mendefinisikan ulang bagaimana musik ditemukan, didengarkan, dan dibagikan,” kata wakil presiden senior pemasaran global Apple, Greg Joswiak.

Joswiak mengatakan bahwa “semangat iPod” hidup dalam jajaran produknya termasuk iPhone, iPad, Apple TV, dan speaker pintar HomePod.

“Sejak diperkenalkan lebih dari 20 tahun yang lalu, iPod telah memikat pengguna di seluruh dunia yang menyukai kemampuan untuk membawa musik mereka saat bepergian,” kata Apple dalam satu posting blog.

Selain itu, layanan berlangganan Apple Music menyediakan akses streaming ke lebih dari 90 juta lagu, kata raksasa Silicon Valley itu. iPod bertahan meskipun analis khawatir bahwa rilis iPhone pada 2007 akan menghancurkan permintaan, karena smartphone menyediakan lebih dari sekadar musik digital. (*)

0 Komentar