WHO Klaim Jumlah Kematian Akibat Covid-19 di India Capai 10 Kali Lipat dari Data Resmi

WHO Klaim Jumlah Kematian Akibat Covid-19 di India Capai 10 Kali Lipat dari Data Resmi
Pekerja kota bersiap untuk mengkremasi mayat yang terkubur di pemakaman di tepi sungai Gangga dekat Phaphamau Ghat, di Allahabad, India pada Jumat 25 Juni 2021. (Foto: AFP)
0 Komentar

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) mengklaim jumlah kematian akibat Covid-19 di India mencapai 10 kali lipat dari data resmi atau 4,7 juta jiwa. Seperti dilaporkan Arab News, Jumat (6/5/2022), pemerintah India menurunkan jumlah korban Covid-19 secara signifikan hingga menjadi 480.000 kematian.

Pandemi telah menghancurkan India, terutama selama gelombang virus kedua antara Maret dan Mei 2021, karena rumah sakit kehabisan staf, tempat tidur, dan oksigen. Orang-orang dengan tabung oksigen kosong terlihat berbaris di luar fasilitas pengisian ulang. Mereka berharap untuk menyelamatkan kerabat dalam perawatan kritis di rumah sakit.

Banyak yang terpaksa beralih ke fasilitas darurat untuk penguburan massal dan kremasi karena layanan pemakaman tidak dapat menangani jumlah mayat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Baca Juga:Negara Pemasok Senjata, Siapa yang Mengontrol Apa di UkrainaPhobia Berlebihan Gus Nuril Pada Khilafah, Kelompok Tidak Sepaham Dicap Anti Pancasila

Pada Kamis (5/5), WHO menyatakan bahwa pada akhir tahun 2021 ada 14,9 juta kematian berlebih secara global terkait dengan Covid-19.

Angka kematian berlebih mencerminkan orang yang meninggal karena Covid-19 serta mereka yang meninggal sebagai akibat tidak langsung dari wabah tersebut, termasuk orang-orang yang tidak dapat mengakses layanan kesehatan karena kondisi lain ketika rumah sakit kewalahan selama gelombang besar infeksi.

WHO memperkirakan 4,7 juta orang meninggal di India akibat pandemi, terutama selama gelombang kedua. Namun, pihak berwenang India menyebutkan jumlah korban tewas untuk periode antara Januari 2020 hingga Desember 2021 jauh lebih rendah – sekitar 480.000.

NK Arora, kepala Kelompok Kerja Covid pemerintah India, mengatakan kepada media lokal bahwa temuan WHO “tidak masuk akal”.

“Sangat disayangkan WHO telah melakukan hal semacam itu. Ini adalah angka yang tidak bisa dipertanggungjawabkan,” katanya.

Tetapi bagi warga negara India seperti Sunil Kumar Sinha, yang kehilangan istri dan 14 anggota keluarga lainnya selama gelombang kedua di Patna di negara bagian Bihar, fakta bahwa badan PBB mengakui kerabatnya adalah korban virus corona telah membawa sedikit kelegaan.

“Anda harus mengakui kematiannya. Kematian telah terjadi, itu fakta. Itu adalah waktu terburuk untuk bersaksi. Orang meninggal dalam jumlah besar karena kekurangan oksigen, kurangnya tempat tidur rumah sakit. Anda tidak dapat menyangkal laporan WHO. Itu benar. Dalam 17 hari, saya kehilangan 15 anggota keluarga,” katanya kepada Arab News, seraya menambahkan bahwa dia senang laporan WHO dirilis.

0 Komentar