Aliansi Jurnalis Independen Minta Wartawan Indonesia Lebih Peka Terhadap Isu Perubahan Iklim

Aliansi Jurnalis Independen Minta Wartawan Indonesia Lebih Peka Terhadap Isu Perubahan Iklim
Edukasi anak akan perubahan iklim sangat penting dilakukan mulai saat ini (DOk. Save the Children)
0 Komentar

KETUA Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Sasmito Madrim meminta wartawan Indonesia lebih peka terhadap dampak perubahan iklim di Indonesia dengan lebih banyak menulis tentang isu tersebut.

“Kami berharap masyarakat Indonesia bisa lebih peka dalam mengkampanyekan dampak perubahan iklim. Misalnya menggunakan jurnalisme berbasis data, jurnalisme investigatif atau meliput dampak ekonomi dari kerusakan lingkungan,” kata Sasmito saat peluncuran kampanye Climate Generation Action oleh Save the Children Indonesia, AJI dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLKH) di Kemang, Jumat (22/4).

Ia mengatakan AJI Indonesia saat ini sedang fokus mengimplementasikan berbagai program terkait dampak perubahan iklim, misalnya melalui kerjasama dengan individu dan kelompok, serta pemerintah dalam berbagai acara yang bertujuan mengedukasi wartawan tentang isu tersebut.

Baca Juga:Mitigasi Perubahan Iklim yang Lebih Ramah, Save the Children Kampanye Climate GenerationWarga Palestina Kecam Langkah Israel untuk Menutup Perbatasan di Jalur Gaza

“Kami akan fokus pada jurnalis lokal agar mereka bisa lebih memahami dan berani menulis tentang dampak perubahan iklim di lokal mereka,” kata Sasmito.

Kampanye Generasi Iklim ini merupakan gerakan yang diprakarsai dan dipimpin oleh anak-anak dan remaja dengan tujuan untuk memastikan bahwa anak-anak dan keluarganya, terutama mereka yang terkena dampak langsung krisis iklim, dapat melakukan upaya yang diperlukan untuk bertahan dan beradaptasi, serta memperkuat lingkungan yang lebih ramah anak. sistem untuk mitigasi perubahan iklim. (*)

0 Komentar