Babanci, Makanan Khas Betawi yang Dihidangkan Saat Lebaran, Bakal “Punah”

Babanci, Makanan Khas Betawi yang Dihidangkan Saat Lebaran, Bakal "Punah"
Babanci (https://asianfoodnetwork.com/)
0 Komentar

BABANCI, masakan khas Betawi yang dimasak dengan banyak bumbu, kini semakin sulit ditemukan di Jakarta, yang sangat disayangkan mengingat dulunya menjadi signature dish yang biasa disajikan saat Lebaran.

” Babanci sebenarnya berasal dari gabungan ‘Babah’ dan ‘Enci’ karena konon masakannya hanya dimasak dan dinikmati peranakan Betawi-Cina ,” kata chef Moch Feisal Rachman dari Hotel Mercure Cikini kepada Antara , Sabtu (16/4). Peranakan mengacu pada komunitas Tionghoa berasimilasi yang sebagian besar tinggal di sepanjang pantai Jawa.

Babanci sebenarnya mirip dengan hidangan populer lainnya yang disebut lontong sayur dengan warna kuning kemerahan yang khas. Isinya adalah ketupat , daging sandung lamur dan kelapa muda. Dibutuhkan 21 jenis rempah untuk membuat hidangan tersebut.

Baca Juga:Apa yang Harus Dilakukan Indonesia Dalam Menanggapi Operasi Khusus Militer Rusia ke Ukraina?Apakah Puasa Aman Bagi Ibu Hamil dan Menyusui?

Bahan utama cabai merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, kencur , lengkuas (Alpinia galanga) , jahe, serai, daun jeruk, adas bintang, asam jawa, kunyit, terasi, daun salam dan kapulaga untuk memperkuat rasa. rasa,” kata chef Feisal. (*)

0 Komentar