Aturan Baru Arab Saudi Terkait Batasan Usia Prioritas Ibadah Haji, Farid Aljawi: Semoga Ada Dispensasi

Aturan Baru Arab Saudi Terkait Batasan Usia Prioritas Ibadah Haji, Farid Aljawi: Semoga Ada Dispensasi
Sekjen Asosiasi Muslim Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI), Farid Aljawi
0 Komentar

SEKJEN Asosiasi Muslim Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI), Farid Aljawi berharap ada dispensasi atas aturan baru dari pemerintah Arab Saudi yang berkaitan dengan batasan usia prioritas yang menunaikan rukun ke lima Islam.

“Dulu aturan sebelum Pandemi covid 19 manula mendapat prioritas untuk menunaikan ibadah. Kami berharap ada kemurahan dari pemerintah untuk memberikan dispensasi bagi pasang suami istri. Soalnya di Indonesia banyak pasangan yang istrinya dibawah 65 sedangkan usia suaminya di atas 65. Dalam kasus seperti ini semoga ada dispensasi,” ujar Farid.

Farid mengungkapkan harapan ini karena ketentuan batas usia haji 65 tahun ini belum jelas. “Ketentuan soal batasan usia 65 tahun ini akan kita minta detilnya dari Amirul Hajj (Pemimpin Haji) Arab Saudi. Kita berharap ketentuan dibawah atau di atas 65 ini haris jelas. Artinya ini bisa jadi polemik tersendiri,” katanya.

Baca Juga:Syaikh Hang Sanah Ahli Tempur Syaikh Syarif Hidayatullah di Bengkong LautBelasan Sapi Mengambang di Laut Madura

Menurut Farid, rata-rata di Indonesia bahkan di seluruh dunia yang ingin menunaikan ibadah haji itu pasangan suami-istri.

“Di seluruh dunia tak hanya di Indonesia yang ingin menunaikan ibadah haji itu pasangan suami-istri. Usia suami biasanya di atas 65 tahun dan istrinya di bawah 65 tahun. Kalau salah satu dari pasangan ini tidak bisa berangkat dua-duanya akan batal. Makanya kami meminta kepada Arab Saudi untuk memberikan kemurahan dalam konteks ini,” katanya.

Karena itu Farid dan AMPHURI meminta dalam konteks perbedaan usia salah satu pasangan suami istri ada yang di atas 65 tahun usianya dan pasangannya di bawah 65 tahun bisa diizinkan merangkat bersama. “Kami sedang memperjuangkan hal ini agar bisa diberikan dispensasi,” harapnya.

Saat ini cuaca di Arab Saudi, kata Farid belum begitu panas. “Suhunya berkisar antara 37 sampai 40 derajar celcius. Mungkin dalam hari-hari ke depan sampai pelaksanaan ibadah haji suhu akan naik, bahkan bisa sampai 38 derajat celcius. Ini musim panas, jadi kesehatan harus dijaga benar oleh calon jemaah haji agar bisa melaksanakan ibadah dengan baik,” pungkasnya. (*)

0 Komentar