Buka Kembali Layanan Visa dan Penerbangan untuk WNI, Dubes Rusia: Sangatlah Aman

Buka Kembali Layanan Visa dan Penerbangan untuk WNI, Dubes Rusia: Sangatlah Aman
Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva dalam konferensi pers yang digelar di Kediaman Dubes Rusia di Jakarta, Rabu (23/3/2022). (Foto: Antara)
0 Komentar

DUTA Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengatakan negaranya aman untuk kembali menyambut pelaku perjalanan asal Indonesia meski sedang ada operasi militer Rusia terhadap Ukraina. .

“Rusia sangatlah aman. Bahkan, ada berita baik, kami kembali memberikan berbagai macam visa bagi warga negara Indonesia, yang sebelumnya sempat terhenti akibat Covid-19 selama dua tahun,” kata Vorobieva, Rabu, 23 Maret 2022.

Dalam dua tahun terakhir, menurut Vorobieva, layanan visa hanya diberikan untuk kasus-kasus tertentu, seperti bagi delegasi resmi, kasus kemanusiaan maupun undangan. Kini visa umum bagi para WNI yang hendak berkunjung ke Rusia bisa diberikan.

Baca Juga:Forum Ijtima Ulama dan Pemuda Islam Provinsi Jawa Timur Dukung Sandiaga Uno NyapresKelompok Beta Sigap Ambon Manise Deklarasi Dukung Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Jadi Presiden 2024

Adapun terkait penerbangan, menurut Vorobieva, saat ini terdapat sejumlah perusahaan Rusia yang mengajukan adanya penerbangan langsung dari Moskow ke Denpasar, Bali. Pulai Dewata adalah salah satu destinasi wisata di Tanah Air yang menjadi favorit warga Rusia.

“Sebelumnya, ada (penerbangan langsung) pada 2019 sebelum Covid-19. Ada tiga penerbangan langsung dari Moskow ke Denpasar yang kemudian dihentikan karena Covid-19. Saat ini kami tengah berdiskusi dengan otoritas Indonesia untuk melanjutkan penerbangan,” kata Vorobieva.

Sejak operasi militer Rusia terhadap Ukraina, penerbangan sipil di negara itu ditutup. Sejumlah bandara seperti Rostov, Krasnodar, Anapa, Gelendzhik, Elista dan Stavropol tak melayani penerbangan sejak 24 Februari lalu. (*)

0 Komentar